Tiga Perkara Yang Tidak Akan Putus Amalannya

Tiga perkara yang tidak akan putus amalannya - Setiap yang bernyawa pasti akan mati, Itulah kehidupan dimana kita semua pasti akan bertemu dengan ajal. Tujuan kita diciptakan oleh Allah swt adalah semata-mata untuk berbuat baik menjadi khalifah di muka bumi ini dan Menyembah dan beribadah hanya kepada Allah Swt.

tiga perkara yang tak akan putus amalannya
Tiga perkara yang tak akan putus amalannya

Di dalam kehidupan dunia ini kita sebagai seorang muslim tentu mendambakan masuk surga allah dengan keridhoan allah Swt. Untuk itu kita perlu berlomba-lomba dalam mengerjakan amalan yang baik selama kita hidup di dunia ini.

Namun apabila ajal sudah menjemput maka terputuslah amal-amal kita semasa ada di dunia kecuali tiga perkara yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, serta anak sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya. Sebagaimana sabda nabi muhammad saw.


إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

1. Sedekah jariyah

Sedekah jariyah merupakan amalan yang terus mengalir pahalanya walaupun orang tersebut sudah meninggal dunia. Misalnya adalah membangun masjid, menggali sumur, berinfak untuk membangun fasilitas ibadah sehingga bisa dimanfaatkan orang banyak untuk ibadah. Serta masih banyak lagi sedekah jariyah lainnya yang bisa dikerjakan dengan ikhlas dan mengharapkan ridha dari allah swt.

2. llmu yang bermanfaat

Ilmu yang bermanfaat merupakan ilmu yang mempunyai manfaat atau kemaslahatan bagi orang lain maupun masyarakat banyak. Apabila ilmu tersebut diajarkan kepada orang lain kemudian orang lain tersebut mengajarkan kembali ilmu tersebut, maka ilmu yang ia ajarkan kepada orang lain tersebut akan terus mengalir sehingga amalan tersebut tidak akan terputus.

3. Anak yang sholeh

Anak sholeh adalah hasil kerja keras orang tua untuk mendidik anaknya, mengajarkan kabikan dan ketaatan dalam beribadah maupun berbuat baik kepada kedua orang tua maupun orang lain. Maka beruntunglah bagi orang tua yang mempunyai anak-anak yang sholeh karena kelak jika orang tua sudah meninggal, maka anak-anak sholeh tersebut akan mendoakan kedua orang tuanya sehingga tidak akan putus amalannya.

Demikianlah uraian singkat mengenai tiga perkara yang tidak akan putus amalannya, semoga kita termasuk dari orang-orang yang berbuat baik dan mengamalkan tiga perkara tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "Tiga Perkara Yang Tidak Akan Putus Amalannya"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel