Hikmah Berbakti Kepada Orang Tua Menurut Islam

Hikmah berbakti kepada orang tua - Kita senantiasa diperintahkan oleh allah untuk selalu berbuat baik kepada orang tau karena keduanya telah merawat kita sejak kecil hingga dewasa. Setelah dewasa tentu kita harus membalas perbuatan baik orang tua kita dengan cara berbuat baik kepada mereka, jangan menentang perintah mereka, selalu berbakti dan mendoakan kedua orang tua kita.

Sebagaimana firman Allah swt. yang artinya:

"Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu." (QS Luqman: 14)

Adapun hikmah berbakti kepada kedua orang tua adalah sebagai berikut.

  • Berbakti kepada orang tua merupakan amal yang paling utama yang harus kita lakukan karena banyak ayat al qur'an yang membahasnya.
  • Sebagaimana dikatakan bahwa rida allah tergantung rida orang tua, maka apabila orang tua rida dengan apa yang kita perbuat, Allah Swt. juga rida.
  • Dapat menghilangkan kesulitan yang sedang kita alami.
  • Diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya.
  • Mendapat balasan surga, tentu berbakti kepada orang tua ganjarannya adalah surga sebagaimana dikatakan surga berada dibawah telapak kaki ibu.


Nah demikianlah hikmah berbakti kepada orang tua menurut islam, semoga kita senantiasa menjadi anak yang selalu berbakti kepada orang tua sampai akhir hayat kita.

0 Response to "Hikmah Berbakti Kepada Orang Tua Menurut Islam"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel