Jenis jenis paragraf lengkap dengan contohnya

Jenis jenis paragraf beserta contohnya - Halo sobat, jumpa lagi di blog teropong pelajar, nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis paragraf berdasarkan tujuannya beserta contohnya. Paragraf merupakan suatu kumpulan kalimat yang mempunyai sebuah gagasan utama. Di dalam pelajaran bahasa indonesia pargaraf terbagi menjadi dua yakni berdasarkan bentuk dan fungs/tujuannya.

Berdasarkan bentuknya paragraf terbagi lagi menjadi tiga yakni, paragraf deduktif (gagasan utama berada di awal), paragraf induktif (gagasan utama berada di akhir), dan paragraf campuran (gagasan utama berada di awal dan akhir kalimat). Penjelasan mengenai paragraf ini akan diulas secara lengkap pada pembahasan berikutnya.

Sedangkan berdasarkan tujuannya paragraf dibagi menjadi, paragraf narasi, argumentasi, ekposisi, deskripsi dan persuasi. Untuk lebih jelasnya mengenai paragraf berdasarkan tujuannya berikut akan dijelaskan, silahkan simak dan pahami penjelasan berikut ini.

jenis jenis paragraf

 

1. Paragraf narasi


Paragraf narasi merupakan paragraf yang isinya menceritakan suatu peristiwa tertentu yang disusun secara urut. Biasanya paragraf narasi digunakan untuk menghibur para pembacanya.

Ciri-ciri paragraf narasi

  • Memiliki tokoh, setting, dan konfik yang terjadi.
  • Memiliki alur cerita yang disusun secara urut.
  • Memiliki sudut pandang.

Contoh

Ketika aku sedang jalan menuju ke sekolah, aku melihat budi berjalan sangat cepat dan tergesa-gesa. Padahal jam masih menunjukkan pukul 6.45. Aku mempunyai firasat buruk, aku sangat penarasan dengan sikap budi, lalu aku mengikutinya dari belakang, ternyata setelah aku ikuti budi tidak berjalan menuju ke sekolah, dia ingin bolos. Aku memanggilnya dan dia kelihatan sangat gelisah saat aku memanggilnya karena ketahuan ingin bolos, namun aku biacara baik-baik padanya sehingga budi mambatalkan niatnya untuk bolos dari sekolah.

2. Paragraf argumentasi


Paragraf argumentasi merupakan paragraf yang berisi mengenai pendapat-pendapat yang di ungkapkan oleh penulisnya. Paragraf ini berfungsi untuk memberikan sebuah pandangan terhadap suatu permasalahan kepada pembaca.

Ciri-ciri paragraf argumentasi

  • Paragraf ini merupakan tulisan non fiksi atau ilmiah.
  • Memuat data dan fakta di dalam paragraf agar dapat menguatkan isi dari paragraf dan supaya orang mempercayainya.
  • Memiliki kesimpulan di akhir paragraf sebagai penguat dari pendapat-pendapat yang sebelumnya telah disampaikan

Contoh

Setelah anda lulus SMA, maka langkah selanjutnya adalah menempuh pendidikan di bangku kuliah. Di perkuliahan anda akan menempuh satu jurusan/bidang study. Namun memilih jurusan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, memilih jurusan perlu pertimbangan yang matang. Pilihlah jurusan sesuai dengan bakat dan minat anda supaya nyaman dalam kuliah, jika anda salah dalam memilih jurusan maka anda tidak akan merasa nyaman dan tertekan saat kuliah. Disamping itu juga pilihlah jurusan dengan prospek yang cerah, karena jurusan dengan prospek yang cerah sangat besar peluangnya untuk mendapat pekerjaan setelah lulus, jadi pertimbangan sangat diperlukan dalam memilih jurusan kuliah.

3. Paragraf ekposisi


Paragraf ekposisi merupakan paragraf yang berisi tentang informasi-informasi berupa pengetahuan atau berita. Paragraf ini bertujuan untuk menyampaikan informasi yang jelas kepada pembaca mengenai suatu hal/topik yang dibicarakan.

Ciri-ciri paragraf ekposisi

  • Bersifat ilmiah atau nonfiksi.
  • Memiliki tujuan yang informatif.
  • Ditulis berdasarkan fakta atau hasil dari sebuah penelitian.
  • Menyertakan bukti data seperti tabel, grafik, angka, gambar dsb.
  • Tidak berusaha mempengaruhi pembaca.

Contoh

Susu adalah minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Hal ini dikarena susu mengandung vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi tubuh. Kandungan yang paling banyak dalam susu adalah kalsium, hal inilah yang akan membuat tulang menjadi kuat. Bahkan susu juga dapat membantu pertumbuhan tulang agar menjadi tinggi. Selain itu di dalam susu juga terdapat protein yang berguna untuk membangun sel-sel yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu minum susu sangat baik untuk kita.

4. Paragraf Deskripsi


Paragraf deskripsi merupakan paragraf yang berisi penjelasan tentang gambaran-gambaran mengenai suatu objek tertentu. Paragraf ini bertujuan mendeskripsikan suatu ojek dengan sejelas-jelasnya kepada pembaca seolah olah pembaca melihat langsung objek tersebut.

Ciri-ciri paragraf deskripsi

  • Menggambarkan benda atau objek dengan sangat jelas
  • Biasanya ada kata sifat seperti tinggi, pendek, kurus, indah, jahat, baik dll.
  • Penggambaran suatu objek melibatkan panca indera.

Contoh

Rumahku tidalak besar, hanya 65 meter persegi saja. Di dalam rumah terdapat tiga kamar, satu ruang tamu, dan satu ruang istrahat. Dibagian samping rumah terdapat kamar mandi dan toliet. Dibagian depan luar rumah juga terdapat satu kamar mandi. Dapur rumahku juga tidak terlalu luas hanya sekita 10 m2 saja. Dibagian ruang istirahat terdapat meja komputer dan tv. Walaupun rumahku sederhana, namun sangat nyaman untuk ditempati.

Baca juga: Kalimat langsung dan tidak langsung: Pengertian, ciri-ciri dan contoh

 

5. Paragraf persuai


Paragraf persuasi merupakan paragraf yang berisi himbauan atau ajakan yang ditunkukan kepada para pembacanya. Paragraf ini bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar mau melakukan apa yang disampaikan oleh penulis.

Ciri-ciri

  • Menggunakan bahasa yang menarik untuk mempengaruhi pembaca.
  •  Menggunakan kata ajakan seperti “mari”, “ayo” dll.
  • Memiliki data/fakta supaya lebih meyakinkan pembaca agar mau melakukan apa yang disampaikan penulis.

Contoh

Sampah menumpuk merupakan sesuatu yang sangat menjijikan. Tumpukan sampah ini menimbulkan bau yang sangat tidak sedap, selain itu tumpukan sampah ini juga dapat mengundang berbagai macam penyakit seperti demam berdarah. Dan tumpukan sampah akan membuat lingkungan menjadi tercemar dan tidak ada udara sehat. Untuk itu marilah kita sama-sama membersihkan sampah yang menumpuk supaya lingkungan kita tetam sehat dan nyaman saat ditempati.

Nah, itulah penjelasan mengenai jenis-jenis paragraf beserta contohnya, semoga dapat menjadi referensi dan pengetahuan buat sobat. Sekian dan terima kasih atas perhatinnya, nantikan juga artikel menarik lainnya, semoga bermanfaat.

0 Response to "Jenis jenis paragraf lengkap dengan contohnya"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel