Jenis jenis paragraf lengkap dengan contohnya

Jenis jenis paragraf beserta contohnya - Halo sobat, jumpa lagi di blog teropong pelajar, nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis paragraf berdasarkan tujuannya beserta contohnya. Paragraf merupakan suatu kumpulan kalimat yang mempunyai sebuah gagasan utama. Di dalam pelajaran bahasa indonesia pargaraf terbagi menjadi dua yakni berdasarkan bentuk dan fungs/tujuannya.

Berdasarkan bentuknya paragraf terbagi lagi menjadi tiga yakni, paragraf deduktif (gagasan utama berada di awal), paragraf induktif (gagasan utama berada di akhir), dan paragraf campuran (gagasan utama berada di awal dan akhir kalimat). Penjelasan mengenai paragraf ini akan diulas secara lengkap pada pembahasan berikutnya.

Sedangkan berdasarkan tujuannya paragraf dibagi menjadi, paragraf narasi, argumentasi, ekposisi, deskripsi dan persuasi. Untuk lebih jelasnya mengenai paragraf berdasarkan tujuannya berikut akan dijelaskan, silahkan simak dan pahami penjelasan berikut ini.

jenis jenis paragraf

 

1. Paragraf narasi


Paragraf narasi merupakan paragraf yang isinya menceritakan suatu peristiwa tertentu yang disusun secara urut. Biasanya paragraf narasi digunakan untuk menghibur para pembacanya.

Ciri-ciri paragraf narasi

  • Memiliki tokoh, setting, dan konfik yang terjadi.
  • Memiliki alur cerita yang disusun secara urut.
  • Memiliki sudut pandang.

Contoh

Ketika aku sedang jalan menuju ke sekolah, aku melihat budi berjalan sangat cepat dan tergesa-gesa. Padahal jam masih menunjukkan pukul 6.45. Aku mempunyai firasat buruk, aku sangat penarasan dengan sikap budi, lalu aku mengikutinya dari belakang, ternyata setelah aku ikuti budi tidak berjalan menuju ke sekolah, dia ingin bolos. Aku memanggilnya dan dia kelihatan sangat gelisah saat aku memanggilnya karena ketahuan ingin bolos, namun aku biacara baik-baik padanya sehingga budi mambatalkan niatnya untuk bolos dari sekolah.

2. Paragraf argumentasi


Paragraf argumentasi merupakan paragraf yang berisi mengenai pendapat-pendapat yang di ungkapkan oleh penulisnya. Paragraf ini berfungsi untuk memberikan sebuah pandangan terhadap suatu permasalahan kepada pembaca.

Ciri-ciri paragraf argumentasi

  • Paragraf ini merupakan tulisan non fiksi atau ilmiah.
  • Memuat data dan fakta di dalam paragraf agar dapat menguatkan isi dari paragraf dan supaya orang mempercayainya.
  • Memiliki kesimpulan di akhir paragraf sebagai penguat dari pendapat-pendapat yang sebelumnya telah disampaikan

Contoh

Setelah anda lulus SMA, maka langkah selanjutnya adalah menempuh pendidikan di bangku kuliah. Di perkuliahan anda akan menempuh satu jurusan/bidang study. Namun memilih jurusan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, memilih jurusan perlu pertimbangan yang matang. Pilihlah jurusan sesuai dengan bakat dan minat anda supaya nyaman dalam kuliah, jika anda salah dalam memilih jurusan maka anda tidak akan merasa nyaman dan tertekan saat kuliah. Disamping itu juga pilihlah jurusan dengan prospek yang cerah, karena jurusan dengan prospek yang cerah sangat besar peluangnya untuk mendapat pekerjaan setelah lulus, jadi pertimbangan sangat diperlukan dalam memilih jurusan kuliah.

3. Paragraf ekposisi


Paragraf ekposisi merupakan paragraf yang berisi tentang informasi-informasi berupa pengetahuan atau berita. Paragraf ini bertujuan untuk menyampaikan informasi yang jelas kepada pembaca mengenai suatu hal/topik yang dibicarakan.

Ciri-ciri paragraf ekposisi

  • Bersifat ilmiah atau nonfiksi.
  • Memiliki tujuan yang informatif.
  • Ditulis berdasarkan fakta atau hasil dari sebuah penelitian.
  • Menyertakan bukti data seperti tabel, grafik, angka, gambar dsb.
  • Tidak berusaha mempengaruhi pembaca.

Contoh

Susu adalah minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Hal ini dikarena susu mengandung vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi tubuh. Kandungan yang paling banyak dalam susu adalah kalsium, hal inilah yang akan membuat tulang menjadi kuat. Bahkan susu juga dapat membantu pertumbuhan tulang agar menjadi tinggi. Selain itu di dalam susu juga terdapat protein yang berguna untuk membangun sel-sel yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu minum susu sangat baik untuk kita.

4. Paragraf Deskripsi


Paragraf deskripsi merupakan paragraf yang berisi penjelasan tentang gambaran-gambaran mengenai suatu objek tertentu. Paragraf ini bertujuan mendeskripsikan suatu ojek dengan sejelas-jelasnya kepada pembaca seolah olah pembaca melihat langsung objek tersebut.

Ciri-ciri paragraf deskripsi

  • Menggambarkan benda atau objek dengan sangat jelas
  • Biasanya ada kata sifat seperti tinggi, pendek, kurus, indah, jahat, baik dll.
  • Penggambaran suatu objek melibatkan panca indera.

Contoh

Rumahku tidalak besar, hanya 65 meter persegi saja. Di dalam rumah terdapat tiga kamar, satu ruang tamu, dan satu ruang istrahat. Dibagian samping rumah terdapat kamar mandi dan toliet. Dibagian depan luar rumah juga terdapat satu kamar mandi. Dapur rumahku juga tidak terlalu luas hanya sekita 10 m2 saja. Dibagian ruang istirahat terdapat meja komputer dan tv. Walaupun rumahku sederhana, namun sangat nyaman untuk ditempati.

Baca juga: Kalimat langsung dan tidak langsung: Pengertian, ciri-ciri dan contoh

 

5. Paragraf persuai


Paragraf persuasi merupakan paragraf yang berisi himbauan atau ajakan yang ditunkukan kepada para pembacanya. Paragraf ini bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar mau melakukan apa yang disampaikan oleh penulis.

Ciri-ciri

  • Menggunakan bahasa yang menarik untuk mempengaruhi pembaca.
  •  Menggunakan kata ajakan seperti “mari”, “ayo” dll.
  • Memiliki data/fakta supaya lebih meyakinkan pembaca agar mau melakukan apa yang disampaikan penulis.

Contoh

Sampah menumpuk merupakan sesuatu yang sangat menjijikan. Tumpukan sampah ini menimbulkan bau yang sangat tidak sedap, selain itu tumpukan sampah ini juga dapat mengundang berbagai macam penyakit seperti demam berdarah. Dan tumpukan sampah akan membuat lingkungan menjadi tercemar dan tidak ada udara sehat. Untuk itu marilah kita sama-sama membersihkan sampah yang menumpuk supaya lingkungan kita tetam sehat dan nyaman saat ditempati.

Nah, itulah penjelasan mengenai jenis-jenis paragraf beserta contohnya, semoga dapat menjadi referensi dan pengetahuan buat sobat. Sekian dan terima kasih atas perhatinnya, nantikan juga artikel menarik lainnya, semoga bermanfaat.

Teks prosedur kompleks: Pengertian, ciri-ciri, struktur, dan contohnya

Teks prosedur kompleks - Halo sobat, pada kesempata kali ini saya akan mengulas kembali materi kelas X dan XI mengenai teks prosedur kompleks. Dimana teks prosedur kompleks sejatinya sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Baiklah langusng saja kita mulai penjelasan berikut ini silahkan di baca dan pahami secara seksama penjelasan lengkap ini.

teks prosedur kompleks


Pengertian

Teks prosedur kompleks merupakan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu dan terdapat penjelasan yang membuat langkah tersebut kompleks

Struktur

  • Judul teks: Kalimat identitas teks tersebut
  • Tujuan: Berisi tujuan dari pembuatan teks
  • Langkah-langkah: Cara yang ditempuh untuk tujuan itu tercapai
  • Sublangkah: Cara pendamping untuk menempuh tujuan

Ciri Umum

Kalimat yang berisi langkah-langkah yang dijelaskan secara mendetil

Terdapat tujuan teks 

  • Bersifat objektif
  • Disusun secara sistematis
  • Memiliki tujuan yang informatif 
  • Terdiri dari beberapa langkah

Ciri kebahasaan

  • Kalimat Imperatif (kalimat perintah)
  • Kalimat deklaratif (kalimat yang memberikan informasi)
  • Kalimat introgatif (kalimat meminta atau pertanyaan) 
  • Partisipan manusia secara umum (semua manusia yang terlibat)
  • Verba (kata kerja): 
  • V.material: verba yang mengacu pada tindakan fisik 
  • V.tingkah laku: verba yang menujukan sikap 
  • Konjungsi temporal + syarat: sesuatu yang mengacu pada urutan waktu

Hasil teks prosedur kompleks (Contoh + Strukturnya)

Cara Membuat Tempat Pensil

Tempat pensil merupakan salah satu perlengkapan sekolah, tempat pensil itu sangat berguna, karena tempat  menaruh dan menyimpan barang-barang. Di tempat pensil isinya selalu untuk alat tulis menulis, dan ada juga penghapus. Tempat pensil biasanya berbentuk persegi panjang, jika anda memiliki banyak alat tulis, sebaiknya anda menggunakan tempat pensil ini agar dapat menyimpan semua alat tulis yang anda miliki. Langkah membuatnya sebagai berikut Pastikan bahan-bahan sudah ada. Bahannya antara lain: Botol bekas, Stik es krim, lem china, cutter, dan spidol warna. Potong botol bekas menjadi setengah bagian. Selanjutnya lekatkan/tempelkan stik es krim pada permukaan botol (bentuknya bisa di kreasikan)Setelah tertempel semua stik es krim pada botol, maka selanjutnya tempelkan lagi stik es krim pada permukaan stik yang telah tertempel agar hasilnya lebih tebal (bisa di kreasikan sendiri

Setelah semua proses menempelkan stik pada botol selesai, selanjutnya beri warna pada stik es krim supaya tampilannya menarik. Selanjutnya anda bisa  kreasikan atau menghias tempat pensil yang sudah jadi tersebut suapaya tampilannya lebih menarik.

Struktur isi

Judul : Cara Membuat Tempat Pensil

Pendahuluan: Tempat pensil yaitu merupakan salah satu perlengkapan sekolah, tempat pensil itu sangat berguna, karena tempat  menaruh dan menyimpan barang-barang. Di tempat pensil isinya selalu untuk alat tulis menulis, dan ada juga penghapus

Bahan:
  • Botol bekas
  • Lem China
  • Stik es krim
Alat:
  • Spidol
  • Cutter

Tujuan

Mengetahui cara membuat tempat pensil agar dapat menaruh alat-alat tulis yang anda miliki, juga sebagai hiasan yang menarik.
Langkah-langkah
  1. Pastikan bahan-bahan sudah ada. Bahannya antara lain: Botol bekas, Stik es krim, lem china, cutter, dan spidol warna.
  2. Potong botol bekas menjadi setengah bagian. 
  3. Selanjutnya lekatkan/tempelkan stik es krim pada permukaan botol (bentuknya bisa di kreasikan) 
  4. Setelah tertempel semua stik es krim pada botol, maka selanjutnya tempelkan lagi stik es krim pada permukaan stik yang telah tertempel agar hasilnya lebih tebal (bisa di kreasikan sendiri 
  5. Setelah semua proses menempelkan stik pada botol selesai, selanjutnya beri warna pada stik es krim supaya tampilannya menarik.
  6. Selanjutnya anda bisa  kreasikan atau menghias tempat pensil yang sudah jadi tersebut supaya tampilannya lebih menarik.

Ciri bahasa

  • Konjungsi sebab akibat : Karena
  • Konjungsi gabungan : Dan
  • Konjungs tujuan : Agar,untuk
  • Konjungsi perincian :  Merupakan
  • Konjungsi persyaratan : jika

Kalimat dekleratif
  • Tempat pensil yaitu merupakan salah satu perlengkapan sekolah, tempat pensil itu sangat berguna, karena tempat  menaruh dan menyimpan barang-barang.
  • Di tempat pensil isinya selalu untuk alat tulis menulis, dan ada juga penghapus.

Kalimat impreatif
  • sebaiknya anda menggunakan tempat pensil ini sebagai tempat menyimpan alat tulis anda.
  • selanjutnya beri warna pada stik es krim supaya tampilannya menarik.

Verba material
  • Di tempat pensil isinya selalu untuk alat tulis menulis
  • tempat menaruh dan menyimpan semua alat tulis anda.
  • Potong botol bekas menjadi setengah bagian.
  • lekatkan/tempelkan stik es krim pada permukaan botol (bentuknya kreasi).

Baca juga: Teks laporan hasil observasi: Pengertian, ciri-ciri, dan contohnya

Untuk materi teks prosedur kompleks dalam bentuk power poit bisa sobat baca dan download juga pada link berikut: Teks prosedur kompleks kelas X dan XI

Demikianlah penjelasan lengkap teks prosedur kompleks, semoga apa yang sobat baca dapat menjadi referensi dan pembelajaran serta dapat bermanfaat buat sobat dalam memahami materi teks prosedur kompleks ini, sekian dan terima kasih sampai jumpa di pembahasan lainnya.

Pilih teman atau pacar ? Berikut alasan memilih teman daripada pacar

Alasan memilih teman daripada pacar - Tak ada yang melarangmu untuk menjalin hubungan lebih dari seorang sahabat. Atau yang biasa kita sebut “pacaran”. Menjalani hubungan pertemanan atau persahabatan memang tak semanis menjalani hubungan pacaran. Namun setidaknya ada beberapa alasan yang mebutmu befikir dua kali untuk benar – benar menjalani hubungan tersebut.

beberapa alasan kenapa kamu harus pilih teman dari pada pacar 

 

Pilih teman atau pacar?

1. Pacar bukanlah jodohmu


Jangan sampai kamu perjuangkan seseoang yang belum tentu menjadi jodohmu. Karena jodoh itu ialah dia yang sudah ada ijabkabul diantara kamu, ehe.. Artinya dia yang sudah menikah denganmu, yang sudah berani bertanggungjawab penuh atas jiwa dan ragamu, bukan dia yang hanya menaruh hati sementara saja untukmu. Dan yang hanya akan membuat mata berair dikemudia hari.
Untuk seorang perempuan biasanya terlalu berlebihan dalam menjalani hubungan pacrannya, ya begitulah adanya hati seorang perempuan memang sangatlah lembut dan sangat mendalam perasaanya. Terkadang jika ia mengalami kegagalan dalam hubungan tersebut  tak jarang permpuanlah yang keliatan paling bersedih. berbeda dengan seorang laki – laki, biasanya laki – laki kalo hanya sekedar pacaran ia justru lebih enjoy dalam menjalaninya, dan kebanyakan laki – laki tidak ada yang serius. tapi tidak semua kok yang seperti itu, masih banyak kok yang nggk kayak gitu.

2. Kamu akan menjadi diri sendiri saat dengan teman


Memang sih teman atau sahabat tidak pernah atau bahkan jarang memberimu surprise, tapi percaya atau tidak kamu akan lebih merasa sebagai dirimu sendiri saat bersama teman – temanmu daripada dengan pacar. Kamu akan lebih terbuka dan benar – benar menjadi dirimu sendiri. Berbeda halnya saat kamu dengan pacarmu. Biasanya ni kalo cewek, akan lebih manja atau feminm saat bersama pacarnya. tapi kalo cowok biasanya kalo lagi sama ceweknya agak sok coll atau ada juga yamg alaynya makin menjadi – jadi.

Gimana menurut kalian?. Kayak orang munaf gitu kan jadinya.

Baca juga: Cara mendapat ketulusan hidup

 

3. Teman adalah patner dalam mengejar sukses


Jika kamu seorang pelajar, disitulah kamu benar - benar merasakan indahnya memiliki teman. Teman yang selalu setia bersamamu dalam menjalani indahnya masa – masa sekolah. Yang setiap hari menjadi patnermu dalam langkah – langkah menuju mimpi yang kamu cita – citakan. Yang tak pernah bosan melukis senyum diwajahmu, yang selalu menjadi penghapus semua kegalauanmu.
Bandingkan dengan dia yang datang membawa kebahagiaan dan pergi meninggalkan luka. Disaat seperti itu hanya teman – temanlah yang tak tak pernah bosan menjadi tempat kamu mencurahkan isi hatimu dengan curhatan – curhatan yang bikin baper itu. hehe

4. Pacaran hanya akan menghambat waktumu


Tak seperti seorang teman yang biasa diandalkan, pacar biasanya akan membuatmu terbebani. Ketika kamu lupa memberinya kabar dia akan marah,  ketika tidak pernah kamu ajak ketemu dia akan marah, ketika ada kata – katamu yang salah kamu ucapkan didepannya dia akan marah. Kalo dia sudah marah itu tandanya dia mau diperhatikan katanya. Dan kalo sudah begitu dia hanya akan membuang – buang waktumu.

Berbeda halnya dengan teman yang jarang bahkan tidak pernah yang namanya tersiggung. Dia akan menganggap itu hanya bercanda. Dia tidak minta dimanja, dia bisa diajak bekerja, dia tak pernah membuat watumu sia – sia.

5. Sebuah anggapan yang salah


Ada yang bilang “pacaran itu belajar jadi istri, atau belajar jadi suami”. Sebuah anggapan yang 100 % salah besar. Istri ya istri, suami ya suami, pacar ya tetep pacar. Istri yang tiap hari ngurus keluarga, suami yang tiap hari mencari nafkah. Bukan dia yang hanya berkata manis dan tak pernah terwujud, bukan dia yang hanya bilang sayang tapi tidak pernah mengurusmu, bukan dia yang tiap hari harus ngasih kabar “met pagi!! , met siang !! “sungguh itu anggapan yang benar – benar jauh dari fakta.

6. Pacaran itu dilarang dalam agama


Sudah berapa janin yang mati tak berdosa gara – gara pacaran, sudah berapa banyak anak yang terlahir tanpa bapak. Yang terlahir diluar perkawinan yang sah. Sudah berapa liter airmata yang terbuang sia – sia hanya karena ditinggal pacar, waktu yang terbuang sia – sia, uang yang hangus begitu saja oleh hubungan yang tak jelas. Tuhan tidak mungkin melarang sesuatu kalo tidak ada manfaatnya untuk kepentingan manusia itu sendiri. Jangan sampai deh kamu nanti menyesal dimasa depan.

Baca juga: Cara menjadi orang sukses walaupun nggak pintar

Coba deh kamu sadari semu itu sekarang. Jika kamu sedang menjalni pacaran, mulai dari sekarang akhiri semuanya, kalo yang namanya jodoh nggak akan kemana kok, dia akan datang pada waktunya. Jika sekarang kamu sedang memperbaiki diri, dia pasti juga begitu. Karena orang baik pasti akan mendapatkan yang baik.

Demikian ulasan artikel tentang memilih teman atau pacar ? semoga artikel ini dapat menjadi hiburan sekaligus motivasi dan pilihan bagi kamu yang harus memilih, sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Cara menghilangkan ngantuk saat sholat tarawih

Cara mengatasi ngantuk saat tarawih -  Salah satu ibadah yang paling utama di bulan ramadhan adlah sholat tarawih. Sholat tarawih adalah sholat sunnat yang dikerjakan setelah sholat isya, dan hanya dikerjakan pada bulan ramadhan saja. Sholat tarwih biasanya dikerjakan secara berjamaah di mesjid – mesjid maupun di musholla. Karena dikerjakan pada waktu malam tak jarang kita sering mengantuk saat menjalankannya, akibatnya kita kurang maksimal  dalam menjalankan ibadah ini. Oleh sebab itu berikut beberapa tips menghindari ngantuk saat sholat tarawih :

mengatasi ngantuk saat tarawih


1. Usahakan untuk istirahat disiang harinya

Tak perlu tidur sepanjang hari, hanya saja cobalah untuk luangkan waktu anda sejenak untuk beristirahat pada siang harinya. Alokasikan waktu anda setidaknya 2 jam atau 3 jam untuk beristirahat. Biasanya waktu yang paling tepat adalah saat siang hari pukul 2 sampai pukul  4 sore. Tak perlu banyak – banyak, yang anda butuhkan disini adalah kualitasnya bukan lama waktunya.

Dibulan puasa memang banyak orang menghabiskan waktunya untuk bermalas – malasan dan tidur sepanjang hari. Bukannya menjadi bugar saat malamnya justru makin ngantuk. Saat menjalankan ibadah puasa kita tidak dianjurkan untuk bermalas – malasan, kita tidak boleh lemas, dan jangan sampai ibadah puasa yang sedang kita jalani menjadi alasan untuk kita tidak bekerja seperti hari – hari biasanya.

2. Luangkan waktu untuk berolahraga

Olahraga yang anda butuhkan saat menjalankan ibadah puasa memang tidak harus seperti pada bulan lainnya. Karena tentu kita juga tidak boleh terlalu boros dalam menggunakan kita sepanjang hari. Cobalah untuk jalan – jalan santai dipagi hari, nikmati suasana pagi setelah sholat subuh, hirup udara segar, atau coba untuk mengerjakan pekerjaan rumah seperti bersih – bersih kamar, menyapu, mencuci baju atau yang lainnya. Yang penting anda kita bisa berkeringat dan terus bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa. Hal ini sangat mempengaruhi keadaan tubuh di waktu malamnya, InsyaAllah kita tidak nganruk saat sholat tarawih.

3.  Jangan sampai kekenyangan saat berbuka

Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, waktu berbuka puasapun telah tiba, saatnya merayakan kemenangan, dan apa yang telah diharamkanpun sudah dihalalkan. Acara balas dendampun segera dimulai. Apa yang dilihat semuanya mau dimakan, sampai – sampai kenyangnya minta ampun. Hehe..

Terlalu kenyang adalah salah satu penyebab tubuh menjadi malas dan menagntuk. Cobalah untuk makan makanan yang tidak terlalu berat saat berbuka. Kalo bisa makan malamnya setelah pulang sholat tarawih.

4. Hindari mengkonsumsi es berlebihan saat berbuka

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin secara berlebihan membuat perut terasa berat dan menyebabkan tubuh susah untuk diajak aktif. Ujung – ujungnya menyebabkan ngantuk. Saat berbuka puasa memang paling enak mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin, karena tentu bisa menyegarkan setelah seharian penuh menahan haus dan lapar.

Namun hal itu tanpa kita sadar sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh kita pada malam harinya. Boleh saja mengkonsumsi es pada saat berbuka puasa, namun ingatlah jangan terlalu banyak. Bukankah Allah juga tidak suka pada hal – hal yang berlebihan. Coba jalankan perintah Allah tersebut, insyaAllah Allah akan memudahkan jalan-Nya. Amien .

5. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur normal untuk orang dewasa biasanya berkisar setidaknya 6 sampai 8 jam dalam sehari . Namun pada bulan Ramadhan kita sangat dianjurkan untuk semakin memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. Karena pada bulan tersebut, amal kebaikan manusia  akan dilibat gandakan pahalanya. Bahkan ada satu malam di bulan ramadhan yang nilainya setara dengan seribu bulan. Maka oleh karena itu, kita jangan sampai melewatkan hal tersebut. Mari kita senantiasa berlomba – lomba dalam beribadah.

Lihat juga: Hikmah dan Manfaat tadarus al quran di bulan ramadhan

Dilain sisi kita harus selalu memperhatikan kesehatan kita agar kondisi tubuh kita bisa menunjang untuk menjalankan ibadah – ibadah pada bulan ramadhan. Saat akan tidur biasakan berwudlhu terlebih dahulu, mencuci muka adalah salah satu tips agar tidur kita lebih berkualitas. Rasullullah tidak mungkin menganjurkan kepada kita kalo itu bukan hal yang benar – benar  bermanfat untuk kita sendiri.  Saat tidur cobalah untuk menghindari kontak langsung dengan benda – benda elektronik seperti Hp,kamera, ataupun menonton tv,  karena hal tersebut mempengaruhi kualitas tidur anda.

Jika kualitas tidur anda bagus, insyaAllah kondisi tubuh anda akan selalu fit dalam menjalankan ibadah puasa. Dan ketika kondisi tubuh sudah fit maka semua ibadahpun akan maksimal untuk dijalani. Termasuk saat mengerjakan sholat tarawih.

Anggapan yang salah tentang jurusan IPA

Anggapan yang salah tentang jurusan ipa - Banyak orang yang bilang masa sekolah adalah masa – masa yang paling indah dalam hidup. Mulai dari TK, SD, SMP, sampai SMA. Berbeda dengan ketika sudah duduk dibangku kuliah, biasanya seseorang sudah tidak lagi memikirkan kesenangan dan hanya fokus untuk masa depan. Masa sekolah memang masa yang tidak bisa terlupakan terlepas dari kebersamaan setiap harinya  dalam menuntut ilmu, ada banyak keseruan – keseruan yang tidak bisa didapatkan selain dari kehidupan masa sekolah.

Diantara jenjang pendidikan yang paling berkesan, mungkin masa SMAlah jawabannya. Banyak orang yang bilang masa SMA adalah masa yang paling indah saat sekolah, meski dijalani hanya 3 tahun, namun diantara jenjang – jenjang pendidikan yang lain, masa ketika duduk dibangku SMAlah yang paling sulit untuk dilupakan.

Perlu diketahui, saat SMA akan dibagi menjadi 3 jurusan, yaitu IPA, IPS, dan Bahasa.Diantara ketiga jurusan tersebut ada satu jurusan yang seringkali diistimewakan ataupun kadang – kadang ditakuti. Yaitu jurusan IPA, entah kenapa ? namun berikut kami paparkan beberapa anggapan yang salah ttg jurusan IPA :

anak ipa


1. Jurusan IPA tidak menghafal, hanya hitung – hitungan
Dimana – mana jurusan yang satu ini memang selalu diidentikkan dengan masalah hitung – hitungan. Seolah itu sudah menjadi gambaran yang selalu melekat dan tidak bisa diganggu gugat. Mata pelajaran – mata pelajaran yang ada dijurusan IPA, seperti KIMIA, FISIKA, BIOLOGI, ataupun Matematika seringkali dianggap sebagaia mata pelajaran yang menyeramkan.

Mata pelajaran tersebut selalu dicap sebagai mata pelajaran yang full itung – itungan dan tidak butuh hafalan. Padahal anggaapan yang seperti itu tidak bisa dikatakan benar 100 %. Justru mata pelajaran tersebut membutuhkan hafalan yang sangat komperhensif. Sedikit saja salah rumus, maka akan salah semuanya. Contoh lain misalkan di mata pelajaran kimia, dari satu materi ke materi yang lainnya selalu terhubung satu sama lain. Jadi jika kita kurang memahami satu bab pelajaran saja, maka akan sulit untuk memahami bab yang lain.

2. Jurusan IPA adalah jurusan yang menakutkan

Banyak siswa yang merasa enggan masuk jurusan IPA karena dia menganggap jurusan IPA itu adalah jurusan yang butuh intelegensy tinggi untuk bisa beradaptasi, padahal anggapan tersebut  tidaklah semuanya benar. Yang kamu butuhkan dalam belajar mau masuk IPA atau IPS adalah satu, yaitu tekad yang bulat. Ketika tekadmu sudah bulat ingin memilih jurusan IPA, ambillah ! jangan sampai keraguan menguasaimu. Hehe..

3. Anak IPA orangnya terlalu serius

Dalam belajar memang kita harus selalu serius dalam menjalaninya, dalam artian kita harus sungguh - sungguh dalam memahami semua materi yang kita akan pelajari, agar kita nantinya dapat memahami materi dengan baik. Dalam arti yang sempit memang “terlalu serius dalam belajar” selalu diidentikkan dengan jurusan IPA, padahal tidak semua kok yang kayak gitu. Masalah terlalu serius atau tidak tergantung orangnya, karena setiap orang punya metode sendiri dalam belajar, semua tidak boleh disamaratakan.

Ada orang yang cepat daya tangkapnya ketika belajar dalam kesunyian, ada juga yang akan lebih cepat jika sambil denger musik. Bicara soal keseriusan atau terlalu serius dalam belajar memang tidak bisa dipandang secara sempit ya kawan. Kita harus memandangnya dengan kacamata yang lebih objektif.
 
4. Anak IPA orangnya pendiam (kalem)

Percaya nggak percaya kalo anggapan anak IPA itu orangnya kalem atau pendiam memang sudah tidak lagi menjadi rahasia. Anggapan ini biasanya banyak datang dari siswa yang memilih jurusan IPS atau bahasa, mereka menganggap kalo jurusan IPA itu terlalu monoton, orangnya pendiem, nggak bisa diajak ngomong dan masih banyak lagi anggapan – anggapan yang seolah – olah menganggap kalo anak IPA itu semuanya maaf ya “bencong”. Padahal itu anggapan yang sangat salah kaprah. Sekali lagi saya tegaskan kalo masalah sifat dan individu seseorang tidak bisa dipandang secara sempit seperti itu. Karena setiap orang punya sifat dan pandangan yang berbeda, dan tidak bisa disamakan.

5. Anak IPA tidak jago dalam komunikasi
Kemampuan berbicara didepan umum memang wajib harus dimiliki oleh semua pelajar, perlu kamu ketahui ternyata banyak orang yang punya ide dan pikiran cemerlang, tapi karena dia kurang jago dalam mengkomunikasikan idenya tersebut, akhirnya diapun dipandang sebelah mata.

Setiap harinya bergelut dengan rumus fisika dan matematika, menyelesaikan masalah – masalah perhitungan yang tak berujung. Itulah setigma yang selalu melekat dengan jurusan IPA. Dan oleh karena itulah banyak yang beranggapan kalo anak yang dijurusan IPA kurang jago dalam masalah komuniasi. Berberda dengan anak yang dijurusan IPS yang setiap hari tidak jauh dari komunikasi atau diskusi – diskusi sosialnya atau yang ada dijuran bahasa yang setiap harinya identik dengan komunikasi. Anak yang ada dijurusan IPA biasanya dinggap hanya bisa ngomong lewat sola dan tulisan dan dianggap kurang cakap, padahal tidak semuanya kok yang seperti itu. Banyak kok anak yang dijurusan IPS yang kurang jago ngomong di depan umum. Sebaliknya, banyak juga anak IPA yang lumayan dalam komunikasi.

Coba deh kamu liat kegiatan ekstra kulikuler yang ada disekolahmu, seringkali dalam ekstra kulikuler banyak siswa yang justru memilih ekstra yang tidak berhubungan dengan jurusan mereka. Contohnya ekstra Debat multybahasa, atau LCC, atau yang lainnya. Disana nggak dibatasi jurusan apa aja yang boleh masuk, disana banyak juga lho anak IPA yang ngambil ekstra debat atau LCC. Kegiatan ekstra kulikuler memang sangat dibutuhkan untuk lebih mengasah bakat setiap siswa. Dengan adanya kegiatan ekstra kulikuler memungkinkan siswa lebih mengembangkan kemampuan yang ia punya dan tidak monoton pada jurusan yang ia ambil.

Jadi untuk adek – adek yang sekarang lagi bingung memilih jurusan, cobalah untuk betul – betul faham apa jurusan yang akan kalian ambil nantinya. Jangan sampai kalian menyesal dikemudian hari. Thanks.

Manfaat tadarus al quran di bulan ramadhan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indoneia tadarus artinya membaca kitab suci al-qur’an secara bersama – sama di mesjid atau musholla pada bulan rhamadhan. Taarus al-qur’an adalah salah satu ibadah yang paling utama dibulan ramadhan selain berpuasa disiang harinya dan solat tarawih pada malamnya. Banyak sekali manfaat yang kita dapat dari tadarus al-qur’an, berikut diantaranya :

manfaat tadarus al quran

1.  Pahala yang semakin dilipat gandakan
Di bulan suci ramadhan semua amal ibadah yang dikerjakan manusia akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Termasuk membaca al-qur’an. Tak hanya membaca,  bahkan hanya mendengar dan  melihatnyapun kita akan diganjar pahala oleh Allah SWT. Jika kita sedang tadarus al-qur’an itu artiya kita sudah menjalankan semuanya. Satu huruf saja kita membaca al-qur’an, itu akan diganjar sepuluh kebaikan oleh Allah SWT. Sekarang coba kita bayangkan berapa huruf sudah kita membacanya saat tadarus al-qur’an. Semoga itu semua terhitung sebagai amal ibadah kita amieen.

2. Silaturrahmi dengan kerabat

saat kita tadusan di mesjid atau mushollaa, kita juga telah menyambung silaturrahmi dengan masyarakat, kerabat dan handaitolan yang ada disekitar rumah kita. Dengan begitu kita telah memperkuat ukhwah persaudaraan kita sebagai ummat muslim.

Baca juga: Doa sholat dhuha lengkap dengan terjemahannya 

3. Beribadah sambil rekreasi

Dengan bertemu dan saling berbagi cerita dengan teman – teman saat tadarusan itu juga bermanfaat untuk mengatasi stres dengan pekerjan yang telah kita jalani disiang harinya. Dengan begitu selain menjalankan ibadah, tadarus al-qur’an  juga punya hikmah sebgai sarana rekreasi menghilangkan stres bagi kita.

4. Menambah ilmu membaca al-qur’an

Tentunya dalam tadarus al-qur’an kita bisa bertemu dengan tokoh – tokoh masyarakat, para ustadz –ustadz, dan kiyai - kiyai yang ada di lingkungan tempat tinggal kita yang tentunya juga punya pengetahuan yang lebih mendalam tentang bagaimana membaca al-qur’an dengan baik dan benar. Dengan mengaji bersama beliau – beliau kita tentunya secara tidak sengaja juga akan diajarkan. Dengan begitu pengetahuan kita tentang tatacara membaca al-qur’an atau ilmu tajwid kita akan semakin bertambah.

5. Belajar tentang sikap terbuka dalam masyarakat

Saat kita saling menyimak dalam tadarusan itu juga punyai nilai tersendiri yang patut kita ambil hikmahnya. Yaitu keterbukaan dalam bermasyarakat. Dalam menjalani kehidupan bermasyarakat tentunya tidak lepas dari persoalan-persoalan yang amat banyak. Dari mulai yang sepele hingga yang amat rumit sekali. Dalam bergaul dalam masyarakat juga tentunya masing-masing  kita, tidak lepas dari khilaf dan salah.

Baca juga: Niat dan tata cara sholat hari raya idul fitri

Sama seperti saat kita membaca al-qur’an, jika ada kesalahan kita saling meluruskan satu sama lain. Sehingga bacaan kita menjadi baik dan benar. Begitu juga dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan benegara. Kita harus memiliki sikap keterbukaan, menerima nasihat dan keritikan agar jalan kehidupan kita tetap pada jalan yang lurus. Kita tidak boleh menutup telinga dalam hal itu. Karena manusia tidak bisa hidup sendiri. Tentunya dalam hidup kita juga membutuhkan masukan dan bantuan dari sesama.

Demikianlah Hikmah dan manfaat dari tadarus al qur'an di bulan ramadhan, semoga dengan membaca al quran kita senantiasa mendapat petunjuk dan rahmat ke jalan yang benar serta di ridhoi oleh allah swt. amin ya robbal 'alamin. Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.

Cara menjadi orang sukses dan kaya walapun nggak pintar

Cara menjadi sukses - Siapa bilang sukses itu hanya untuk dia yang ber  IQ tinggi, kita yang biasa – biasa atau bahkan dibawah rata – ratapun bisa melakukaknnya. Sukses itu bukanlah tentang siapa yang ditakdirkan namun suskses itu bagi siapa yang mau, siapa yang siap akan resiko, karena sukses ada ditangan masing – masing. Sesuatu yang besar tidak untuk ditunggu namun kau harus menjemputnya. Berikut tipsnya.

Lihat juga: Cara menghilangkan rasa takut dalam diri

Cara menjadi orang sukses


tips sukses

1. Asah bakat yang kamu miliki


Dari sekarang cobalah katakan pada dirimu sendiri, hal apa yang paling kamu sukai? Bakat apa yang kamu miliki. Jika seandainya kamu belum menemukannya, mulailah untuk mencarinya. Caranya adalah, kamu harus mencoba segala hal, dan lihatlah dngan hati, rasakan dititik manakah kamu merasa nyaman. Berarti disitulah kamu harus mengasahnya dengan baik.

2. Perbanyak teman


Dengan punya banyak teman, peluangmu untuk sukses lebih besar daripada dia yang selalu tertutup dan tak punya banyak teman, meskipun tingkat kecerdasannya bisa dikatakan lebih baik darimu. Dengan punya banyak teman kamu lebih mudah ntuk beradaptasi dengan dunia luar, dunia yang kemungkinan – kemungkinan besarnya sugguh sangat sulit untuk ditebak. Terkadang apa yang kamu harapkan akan terjadi bisa sangat jauh dari ekpektasi, tetapi bisa juga apa yang kamu dapakan lebih besar dari apa yang kamu harapkan.

Dalam bergaul dengan teman, setidaknya kamu juga harus memperhatikan batas – batasnya. Jangan sampai kamu terlarut dengan fatamorgana kehidupan. Kau harus memiliki sikap selektif dalam memlih teman. Pada dasarnya tak ada halangan untuk bergaul dengan siapapun entah itu orang baik ataupun yang tidak baik, apakah dia pemalas atau tidak, ataukah dia pintar atau bodoh sekalipun, namun yang harus betul – betul kamu pastikan adalah kamu tidak boleh terpengaruh dengan lingkungan yang negatif. Namun jika itu hal positif kamu harus mempengaruhi dirimu sendiri. singkatnya, bergaullah dengan semua orang, jadilah orang yang terbuka dengan dunia luar, jika itu tidak baik hindarilah akan tetapi jika itu baik ikutilah. Jika kamu sudah mempunyai jaringan kenalan yang luas, disitulah kamu harus memaksimalkan kesempatan yang ada. Karena dengan begitu kamu akan lebih mudah memperoleh informasi atau peluang – peluang kerja yang bisa mengantarkanmu pada kesuksesan.

3. Tidak mudah menyerah


Yang namanya sukses memang mudah untuk diucapkan, namun dalam realitanya tak semudah yang kamu bayangkan. Seperti kata pepatah untuk melihat indahnya pelangi kau harus melewati badai dan gemuruh petir yang sangat kejam. Begitulah fakta kehidupan, mengejar cita – cita tak semudah seperti membalik telapak tangan kamu harus siap menghadapi ujian – ujian hidup yang butuh kesabaran dan kesengsaraan yang sangat melelahkan, kamu tidak boleh terus mengeluh dengan apa yang sedang kamu jalani. Karena mengeluh hanya akan membagi fokusmu dalam mengejar sebuah kesuksesan itu.

4. Percaya diri


Jangan pernah mengaggap remeh apa yang ada pada dirimu, apalagi kamu sampai mengeluh dengan apa yang kamu punya. Karena itu seolah akan mentup matamu. dengan sikap seperti itu, kamu tidak hanya akan mebuat dirimu terpuruk akan tetapi kamu juga seolah melangkah hanya sampai yang kamu bisa untuk gapai, kamu sebenarnya harus lebih dari itu. Kamu harus melangkah melewati apa yang kamu lihat.

Jangan pernah dengarkan kata – kata orang lain, dia sebenarnya hanya iri padamu. Jangan biarkan keterbatasan apa yang kamu miliki menghalangimu untuk melangkah kedepan. Karena kesuksesan bukanlah hanya untuk mereka yang punya segalanya hari ini, akan tetapi sukses adalah untuk dia yang bisa percaya pada dirinya sendiri dan tak bergantung pada orang lain. Percayalah pada diri sendiri kawan,, karena disitu kau sebenarnya sudah selangkah lebih maju.

Lihat juga: 9 Cara ampuh meningkatkan percaya diri 

5. Jangan pernah takut (selalu berani)


Cita – cita besar juga punya resiko yang besar. Seerti kata orang hebat “mengejar sukses sama dengan memburu resiko”, semakin berani kamu mengambilnya, itu sama artinya kamu semakin kencang dalam berlari untuk mengejar kesuksesan yang kamu cita – citakan. Jangan pernah takut akan gagal atau hal apapun yang nantinya akan menjadi penghalngmu untuk mencapai apa yang kamu impikan. Gagal bukan berarti kamu terhenti dan terkubur sampai disitu, tapi itu hanyalah kegagalan yang tertunda.

6. Disiplin


Mulailah semuanya dari disiplin, jika kamu sudah membiasakan diri untuk bersikap disiplin itulah awal dari semuanya.

Demikianlah artikel mengenai cara menjadi orang sukses walaupun nggak pintar, semoga menginspirasi buat sobat untuk terus sukses, dan perlu di ingin sebenarnya kita semua pintar asal kita mau mengasahnya. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.