Perilaku Yang Mencerminkan Q.S Yunus Ayat 40-41 Dan Q.S Al Maidah Ayat 32

al quran

Qur'an surah yunus 40-41 dan al maidah ayat 32 menjelaskan mengenai pentingnya untuk saling toleransi antar sesama. Untuk itu kita harus mengamalkan kandungan yang ada di dalam kedua surah tersebut. Adapun pengalaman atau perilaku yang mencerminkan amalan dari Q.S Yunus 40-41 dan Al Maidah 32 adalah sebagai berikut.

1. Perilaku yang mencerminkan Pengalaman Q.S Yunus ayat 40-41, antara lain:
  • Selalu menghargai akidah dan keyakinan yang dianut orang lain. Sebab setiap orang berhak memiliki keyakinan masing-masing.
  • Selalu bersikap waspada terhadap orang atau pihak lain yang bermaksud menghancurkan akidah umat islam, tanpa harus mencurigai atau memusuhi orang tersebut.
  • Selalu menerima kehadiran orang lain, meskipun berbeda keyakinan dan agamanya dengan kita.
  • Selalu menghindari sikap egois, sombong, dan angkuh yang dapat membuat orang lain tersinggung, sehingga persatuan dan kesatuan sukar diwujudkan.
2. Perilaku yang mencerminkan pengamalan Q.S Al Maidah ayat 32, antara lain:
  • Menjaga ketenteraman hidup dengan cara mencintai sesama manusia.
  • Tidak melakukan perilaku-perilaku yang dapat merugikan orang lain, termasuk menyakitinya dan melakukan tindakan kekerasan.
  • Menerapkan perilaku tolong menolong terhadap sesama manusia.
Rasululla saw. bersabda yang artinya: "Allah selalu membantu hamba-Nya, selama hamba-Nya suka membantu saudaranya" (HR Muslim).

Demikianlah perilaku yang mencerminkan pengamalan Q.S Yunus ayat 40-41 dan Al Maidah ayat 32, semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita sehingga kita bisa menerapkan perilaku dari kedua surah tersebut.

0 Response to "Perilaku Yang Mencerminkan Q.S Yunus Ayat 40-41 Dan Q.S Al Maidah Ayat 32"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel