Pengertian Qada Dan Qadar Lengkap Beserta Dalilnya

pengertian qada dan qadar

Pengertian Qada Dan Qadar Lengkap Beserta Dalilnya - Para ulama berbeda pandangan dalam memberikan arti qada dan qadar, sebagian ulama mengartikan sama, dan sebagian ulama yang lain memberikan arti yang berbeda.

Pandangan yang membedakan antara qada dan qadar, mendefinisikan qadar dengan "ilmu allah swt. tentang apa yang akan terjadi pada makhluk di masa mendatang." Sedangkan qada adalah "segala sesuatu yang allah swt. wujudkan (adakan atau berlakukan) sesuai dengan ilmu dan kehendaknya." Sebagian ulama yang lain justru menerapkan definisi diatas secara terbalik, yakni definisi qada dan qadar ditukar.

Pendapat yang menyamakan qada dan qadar memberikan definisi: "Aturan baku yang diberlakukan oleh allah swt. terhadap alam ini, undang-undang yang bersifat umum, dan hukum-hukum yang mengikat sebab dan akibat." Pengertian itu di ilhami oleh beberapa ayat al qur'an, seperti firman allah swt. yang artinya:

"Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Dan segala sesuatu pada sisi-Nya adalah ukurannya". (Q.S. ar-ra'd/13:8)

Baca juga: Pengertian karomah, ma'unah, dan irhas beserta contohnya

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa qada menurut bahasa berarti "menentukan atau memutuskan", sedangkan menurut istilah artinya "segala ketentuan allah swt. sejak zaman azali". Adapun pengertian qadar menurut bahasa adalah "memberi kadar, aturan, atau ketentuan". Sedangkang menurut istilah berarti "ketatapan allah swt. terhadap seluruh makhluk-Nya tentang segala sesuatu".

Firman allah swt.:


الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَلَمْ يَكُنْ لَهُ شَرِيكٌ فِي الْمُلْكِ وَخَلَقَ كُلَّ شَيْءٍ فَقَدَّرَهُ تَقْدِيرًا

Artinya: "Yang kepunyaan-Nya lah kerajaan langit dan bumi , dan Dia tidak mempunyai anak, dan tidak ada sekutu baginya dalam kekuasan(Nya), dan Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya". (Q.S. al-furqan/25:2)

Iman kepada qada dan qadar artinya percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa allah swt. telah menentukan segala sesuatu bagi makhluk-Nya.

Baca juga: Macam-macam qada dan qadar allah swt.

Qada dan Qadar biasa disebut dengan satu kata, "takdir". Bagi manusia dan makhluk lain, ada pandangan takdir baik dan buruk, tetapi dalam pandangan allah swt., semua takdir itu baik, karena keburukan tidak dinisbatkan kepada allah swt. Ilmu allah swt., kehendak-Nya, catatan-Nya, dan penciptaan-Nya semua itu adalah kebujaksanaan, keadilan, kasih sayang, dan kebaikan.

Dalil tentang qada dan qadar


Allah swt. menjelaskan tentang qada dan qadar, melalui firman-firman-Nya, dan juga dalam beberapa hadis rasulullah saw., diantaranya adalah.

1. "Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran (takdir)." (Q.S al-Qamar/54:49)

2. "Tidak ada suatu bencana apapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada diri kalian melainkan telah tertulis dalam kitab (lauh mahfuzh) sebelum kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu mudah bagi allah." (Q.S al-hadid/57:22)

3. "Dan tiap-tiap manusia telah kami tetapkan amal perbuatannya (sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya." (Q.S al-Isra/17:13)

4. "Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin allah." (Q.S at-tagabun/64:11)

Sedangkan dalam hadis rasulullah adalah

"Sesungguhnya seseorang itu diciptakan dalam perut ibunya selama 40 hari dalam bentuk nuthfah, 40 hari menjadi segumpal darah, 40 hari menjadi segumpal daging, kemudian allah mengutus malaikan untuk meniupkan ruh kedalamnya dan menuliskan empat ketentuan, yaitu rezekinya, ajalnya, amal perbuatannya, dan (jalan hidupnya) sengsara atau bahagia." (H.R al-Bukhari dan Muslim)

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Qada Dan Qadar Lengkap Beserta Dalilnya, semoga menambah pengetahuan anda, sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Qada Dan Qadar Lengkap Beserta Dalilnya"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel