Pengertian Dan Macam-Macam Tanggung Jawab Dalam Islam

Pengertian Dan Macam-Macam Tanggung Jawab Dalam Islam - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lengkap mengenai tanggung jawab, langsung saja kita mulai dari pengertian tanggung jawab, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Tanggung jawab merupakan salah satu akhlak terpuji yang diperintahkan untuk dimiliki oleh umat islam. Karena akhlak tersebut sangat penting diterapkan di dalam kehidupan bermasyarakat. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

Pada hakikatnya manusia adalah makhluk yang bertanggung jawab. Disebut demikian karena manusia, selain merupakan makhluh individu dan makhluk sosial, juga merupakan makhluk tuhan. Manusia memiliki tuntutan yang besar untuk bertanggung jawab mengingat ia mementaskan sejumlah peranan dalam konteks sosial, individual, ataupun teologis.

Pengertian dan macam tanggung jawab


Macam macam tanggung jawab


1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri


Berdasarkan sifatnya manusia adalah makhluk bermoral. Namun manusia juga seorang pribadi, dan sebagai makhluk pribadi manusia mempunyai pendapat, perasaan, dan angan-angan sendiri untuk berbuat mapupun bertindak. Oleh karena itu, sudah barang tentu apabila perbuatan dan tindakan tersebut dihadapkan pada orang lain, bisa saja mengundang kekliruan, maka perlu diberi tanggung jawab dirinya sendiri.

"Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya, seorang imam adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya, seorang laki-laki adalah pemimpin keluarganya dan dia akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya, seorang wanita adalah pemimpin dirumah suaminya dan akan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinannya..." (H.R. Bukhari dan Muslim)

Baca juga: Penjelasan mujahadah an nafs (pengendalian diri)

2. Tanggung jawab kepada keluarga


Keluarga adalah masyarakat terkecil yang terdiri suami istri, ayah ibu, dan anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga, kesejahteraan, keselamatan, pendidikan, dan kehidupan.

Allah SWT. berfirman yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimi dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan." (Q.S. At Tahrim: 6)

3. Tanggung jawab kepada masyarakat


Manusia merupakan anggota masyarakat, mengingat kenyataan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Oleh karena itu, dalam berpikir, bertingkah laku, berbicara, dan sebagainya manusia terikat oleh masyarakat. Wajarlah apabila segala tingkah laku dan perbuatannya harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. Kekuatan manusia pada hakikatnya tidak terletak pada kemampuan fisik ataupun kemampuan jiwanya saja, namun terletak juga pada kemampuan manusia bekerjasama dengan manusia lain.

Dengan manusia lain seorang manusia dapat menciptakan kebudayaan yang dapat membedakan manusia dengan makhluk hidup lain. Kenyataan ini menimbulkan kesadaran bahwa segala yang dicapai dan kebahagiaan yang dirasakan oleh manusia pada dasarnya berkat bantuan atau kerjasama dengan orang lain di dalam masyarakat. Inilah tanggung jawab manusia yang utama dalam hidup kaitannya dengan masyarakat.

4. Tanggung jawab kepada bangsa/negara


Setiap manusia atau individu merupakan warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, dan bertingkah laku manusia terikat dengan norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat dan berlaku di negara tersebut. Sehingga manusia tidak dapat berbuat seenaknya sendiri. Apabila ia melakukan perbuatan salah, maka harus bertanggung jawab kepada negara.

5. Tanggung jawab kepada Tuhan


Allah swt. berfirman yang artinya:

"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku." (Q.S. Az Zariyat: 56)

Manusia ada karena diciptakan tuhan atau tidak ada dengan sendirinya. Sebagai ciptaan tuhan manusia dapat mengembangkan diri sendiri dengan sarana-sarana yang ada pada dirinya, yaitu pikiran, perasaan, seluruh anggota tubuhnya, dan alam sekitarnya. Selain itu, manusia, sebagai ciptaan tuhan tentunya memiliki keterikatan dengan tujuan Tuhan menciptakannya. Oleh karena itu, manusia bertanggung jawab kepada tuhan atas hal tersebut dan hal-hal yang dilakukannya selama hidup.

Akhir kata

Demikianlah pembahasan kita mengenai pengertian dan macam macam tanggung jawab, semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan pengetahuan sobat mengenai tanggung jawab. Sekian artikel pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Dan Macam-Macam Tanggung Jawab Dalam Islam"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel