Pengertian Takziah Dan Ziarah Kubur

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel mengenai pengertian takziah dan ziarah kubur yang perlu sobat ketahui. Karena keduanya erat kaitannya dengan seseorang atau keluarga yang meninggal dunia.

Pengertian Takziah Dan Ziarah Kubur


Pengertian takziah


Takziah menurut istilah adalah mengunjungi keluarga yang meninggal dunia dengan maksud agar keluarga yang mendapat musibah dapat terhibur, diberi keteguhan iman, islam, dan ketabahan dalam menghadapi musibah, serta mendoakan untuk orang yang meninggal dunia agar diampuni segala dosa-dosanya oleh allah swt. Tujuan takziah adalah agar keluarga yang ditinggalkan bersabar dalam menerima cobaan dan mempunyai keteguhan iman dan islam, disamping itu juga dengan memberi bantuan berupa materi maupun bersifat moral.Bertakziah hukumnya sunnah dan merupakan salah satu hak muslim yang satu dengan yang lainnya.

Pengertian Ziarah Kubur


Menurut bahasa, ziarah kubur artinya mengunjungi kubur atau tempat pemakaman. Menurut istilah, ziarah kubur, yaitu mengunjungi ke makam (kuburan) dengan mendoakan jenazah yang ada di dalam makam.

Awalnya rasulullah saw melarang umat islam berziarah kubur karena dikhawatirkan akan melakukan sesuatu yang tidak baik, misalnya menangis di kuburan, bersedih, meratapi, bahkan yang lebih bahaya lagi mengultuskan mayat yang ada di dalam kuburan. Akan tetapi, karena mengingat mati itu penting, dan diantara mengingat mati adalah ziarah kubur, maka Rasulullah saw. menganjurkan berziarah dengan tujuan untuk mengingat mati.

Nah, demikianlah pengertian takziah dan ziarah kubur, semoga dapat menambah pengetahuan sobat, sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Takziah Dan Ziarah Kubur"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel