Tidak lulus SBMPTN dan Ujian Mandiri, What Should I do ?

tidak lulus sbmptn

Halo sobat jumpa lagi di blog teropong pelajar, pada kesempatan kali ini saya akan berbagai sedikit masukan dan pertimbangan mengenai perguruan tinggi. Yap, bagi sobat yang baru selesai melaksanakan ujian nasional tentu tidak akan merasa tenang karena setelah ujian nasional SMA selesai sobat harus memikirkan kembali dimana sobat akan melanjutkan pendidikan.

Sebagai lulusan SMA/SMK kebanyakan siswa akan memilih universitas negeri atau PTN yang mana untuk masuk ke universitas negeri harus melalui tahap seleksi terlebih dahulu. Ada tiga jalur seleksi yang bisa sobat ikuti untuk masuk ke perguruan tinggi negeri yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing PTN.

Pasti sobat udah tau dong perbedaan ketiga jalur masuk perguruan tinggi negeri tersebut. Ya SNMPTN memang tidak bisa diikuti oleh seluruh siswa karena jalur ini menggunakan nilai raport sebagai tiket untuk masuk, nah biasanya jalur SNMPTN ini memiliki kuota disetiap sekolah sehingga gak semua bisa ikut dan kalau bisa ikut jalur ini pun kita belum tentu lulus, jadi saran saya jangan terlalu berharap lewat jalur ini dan segera mungkin mempersiapkan SBMPTN.

Kalau jalur SBMPTN ini bisa diikuti oleh seluruh siswa yang telah lulus ujian nasional SMA dan siapapun bisa berpeluang lulus lewat jalur ini karena ini merupakan jalur tes tulis nasional untuk masuk perguruan tinggi negeri.

Namun pada kenyataannya seleksi lewat jalur SBMPTN ini lebih banyak yang ditolak daripada yang diterima karena jumlah pendaftar lebih banyak daripada daya tampung yang disediakan oleh PTN, maka tak heran lebih banyak calon mahasiswa yang gugur lewat jalur ini. Tapi bagi yang mempersiapkan tes SBMPTN ini jauh hari sebelumnya pasti akan nampak hasilnya berupa kelulusan karena kalau benar-benar niat dan berusaha dari awal hasilnya tidak akan mengecewakan.

Selajutnya bagi calon mahasiswa yang tidak lulus lewat seleksi jalur SBMPTN masih bisa masuk ke perguruan tinggi negeri lewat jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN yang ada di Indonesia. Biasanya seleksi mandiri ini dilakukan dengan tes yang soalnya dibuat sendiri oleh universitas yang menyelenggarakan dan ada juga yang menggunakan nilai SBMPTN untuk melakukan seleksi mandiri.

Namun yang menjadi problemnya adalah bagaimana kalau saya tidak lulus lewat jalur SBMPTN dan seleksi mandiri ? apa yang harus saya lakukan ?

Tidak lulus SBMPTN dan ujian mandiri merupakan hal yang biasa yang sering terjadi, walaupun sobat nggak lulus SBMPTN dan seleksi mandiri sobat jangan bersedih dan putus asa, sobat bukan gagal disitu, sobat hanya kurang beruntung aja dan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan selalu terbuka bagi siapa saja yang berniat dan ingin bersungguh-sungguh. Seperti nasihat yang ada di web pengunguman SBMPTN maupun seleksi mandiri pasti ada kata-kata "jangan menyerah dan putus asa, tetap semangat" jika sobat tidak lulus.

Bila sobat belum beruntung lewat jalur SBMPTN dan Ujian mandiri, sobat sekarang punya dua alternatif lain yang bisa sobat pilih dalam melanjutkan pendidikan yaitu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi swasta atau menunggu sampai tahun depan untuk ikut kembali dalam tes SBMPTN ataupun ujian mandiri.

Sekarang pilihan berada di tangan sobat, sebaiknya jangan jadikan kegagalan sebelumnya sebagai kegagalan total karena bangkit dari kegagalan itu yang utama. Jika sobat tidak bisa melanjutkan ke PTN sobat bisa memilih alternatif lain yakni masuk ke PTS atau perguruan tinggi swasta karena sekarang ini banyak sekali perguruan tinggi swasta yang tak kalah bagusnya dengan PTN walaupun agak mahalan. Namun sobat bisa mempertimbangkan hal tersebut secara matang-matang sehingga sobat bisa tetap melangkah ke jenjang pendidikan berikutnya, ingat jangan gengsi untuk masuk ke PTS karena yang menentukan kesuksesan adalah sobat sendiri jikalau giat dan tekun belajar.

Selain itu sobat dapat memilih alternatif lain dalam masuk ke PTN yakni menunggu tahun depan untuk mengikuti kembali tes SBMPTN ataupun ujian mandiri. Ya satu tahun penantian tersebut bisa sobat gunakan untuk belajar dan membahas kembali materi-materi yang ada di ujian SBMPTN maupun mandiri sehingga sobat bisa lebih siap untuk menghadapi soal soal mendatang dan sobat bisa lulus dengan nilai yang lebih maksimal dengan usaha yang giat dan tekun dalam satu tahun penantian tersebut.

Jadi sekarang sobat mau pilih alternatif yang mana ? saya hanya memberikan alternatif bagi sobat dan keputusan sesungguhnya berada di tangan sobat, jadi sebaiknya sobat bisa memikirkan matang-matang langkah selanjutnya yang perlu sobat tempuh. Keputusan berada di tangan sobat dan keputusan tersebut akan membawa sobat menujuan tujuan yang terbaik bagi sobat.

Salam sukses untuk kita semua, kerjarlah impian yang kita dambakan sejak kecil jangan menyerah dan putus asa ditengah jalan.

0 Response to "Tidak lulus SBMPTN dan Ujian Mandiri, What Should I do ?"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel