Cara Mengukur Suhu Udara Pada Ketinggian Tertentu Tanpa Termometer

Mengukur Suhu Udara Pada Ketinggian

Cara Mengukur Suhu Udara Pada Ketinggian Tertentu - Halo sob, pernahkah sobat pergi ke suatu tempat yang memiliki suatu ketinggian tertentu seperi gunung ? bagaimana keadaan suhu disana dan berapa suhunya ? Untuk menghitung semua hal tersebut maka kita memerlukan termometer, tapi kadang kita sangat jarang membawa termometer sehingga untuk mengukur suhu di ketinggian bisa dilakukan tanpa menggunakan termometer.

Seperti yang kita ketahui semakin tinggi daratan yang kita tempati maka suhu di tempat tersebut semakin rendah (suhu ekstrim) alias semakin dingin. Untuk sobat yang sering pergi ke dataran tinggi seperti gunung pasti akan merasakan kedinginan.

Untuk itu diperlukan alat alat seperti selimut dan lain sebagainya supaya kita merasa hangat digunung, tentu kita harus tau juga berapa suhu aman sehingga kita bisa menyesuaikan diri, berikut ini cara mengukur suhu udara pada ketinggian tertentu tanpa menggunakan termometer, caranya sangat mudah.

Untuk mengukur suhu di ketinggian kita dapat menggunakan rumus:

T  =  26,3  -  0,6  (h)

ket:

T = Suhu udara yang akan dicari (oC)
26, 3 = Konstanta (Suhu rata-rata di permukaan laut)
0,6 = Konstanta
h = Tinggi suatu tempat (dibagi dalam 100m)

Contoh soal:

Hitunglah berapa suhu udara di gunung Z, jika mempunyai ketinggian 2.000 m dari permukaan laut?

Jawab:

Diketahui: h = 2000m (2000/100 = 20)

T = 26,3 – 0,6 (h)
T = 26,3 – 0,6 (20)
= 26,3 – 12
= 14,3°C

Jadi, suhu udara di gunung Z adalah 14,3°C.

Nah itulah cara untuk menghitung suhu udara di ketinggian tempat tertentu tanpa menggunakan alat termometer. Semoga pembahasan kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat, sekian dan terima kasih semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel