Tips cara mengatasi galau yang berkepanjangan dan susah hilang

Cara mengatasi galau, Sebagai seorang manusia normal tentunya anda pernah mengalami kesepian, bosan, atau lebih populer dengan kata galau. Penyakit seperti selalu menghampiri hampir setiap orang yang kurang kuat mental menahan hal tersebut. Banyak berbagai faktor yang menyebabkan seseorang menjadi galau. Lalu bagaimana dengan anda ? apakah anda pernah mengalami yang namanya galau ?

mengatasi galau

Jika anda pernah mengalami galau atau bahkan saat ini anda sedang mengalaminya, anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas tuntas mengenai cara mengatasi galau. 

Galau disebabkan karena hati seseorang merasa resah, kacau, kesepian, dan terabaikan, penyebabnya kebanyakan karena masalah cinta, masalah keluarga, ataupun masalah pribadi. Terkadang hal ini sangat berdampak buruk bagi anda yang mengalami.

Lihat Juga: 12 Cara meningkatkan konsentrasi dan fokus

Salah satu dampak buruk dari perasaan galau adalah anda akan merasa malas untuk melakukan berbagai aktivitas. Bagaimana tidak, hati anda sedang merasa tidak enak, terabaikan, galau jika melakukan aktivitas pasti akan sangat berat rasanya dan lebih memilih untuk duduk sendiri melamun yang menurut saya hanya membuang-buang waktu anda.

Untuk itu, bagi anda yang merasa galau dan ingin mengatasi rasa galau tersebut, berikut ini kami sajikan beberapa tips bagi anda supaya rasa galau yang ada pada diri anda dapat hilang.

Cara mengatasi galau


1. Carilah kesibukan


Hal ini menurut saya akan sangat efektif untuk menghilangkan rasa galau anda. Karena jika anda sibuk dalam melakukan berbagai aktivitas, maka hati anda pun akan merasa tenang dan segar kembali. Coba anda bayangkan jika anda hanya duduk diam saja mengikuti rasa galau anda, seberapa banyak waktu yang terbuang sia-sia tanpa melakukan sesuatu.  Jadi sebaiknya anda cari kesibukan, misalnya dengan mengikuti hobi dan minat anda. Hal-hal yang dapat anda lakukan untuk mencari kesibukan untuk mengatasi galau setidaknya dapat bermanfaat seperti halnya membantu ibu memasak, membantu ayah bekerja, beres-beres rumah dan berbagai hal lainnya.

2. Lakukan kegiatan yang membuat anda senang


Jika anda galau, itu tandanya hati dan pikiran anda sedang gelisah, tidak enak, malas, dan kacau. Nah, untuk mengatasi hal tersebut anda butuh hiburan untuk menghilangkan rasa galau tersebut. Misalnya dengan bermain game, mendengarkan musik, jalan-jalan, liburan dan sebagainya. Lakukanlah hal-hal yang dapat membuat hati anda merasa tenang dan senang. Jika anda sudah merasa senang, maka saya yakin rasa galau tersebut akan hilang dalam sekejap.

3. Motivasi diri


Motivasi diri merupakan hal yang sangat penting ketika rasa galau menghampiri anda. Cobalah anda baca kata-kata motivasi kehidupan yang sekiranya dapat menyentuh hati anda, membangkitkan semangat anda. Anda juga bisa merenungi dan memotivasi diri dari dalam hati anda dan berpikir bahwa buat apa anda harus galau, hanya akan membuang-buang waktu saja, lebih baik melakukan hal lain yang bermanfaat.


4. Ajak orang terdekat anda untuk berbicara, entah curhat atau  melakukan kegiatan


Di saat anda galau anda juga butuh orang lain untuk mengatasi rasa galau tersebut. Karena jika anda terus menyendiri anda akan semakin merasa kesepian kecuali jika ada kegiatan yang anda lakukan. Jadi anda juga bisa mengajak teman atau orang terdekat anda untuk berbagi cerita dan pengalaman atau mengajaknya untuk melakukan suatu kegiatan. Dengan begitu anda tidak akan merasa kesepian lagi dan rasa galau anda perlahan akan hilang.

5. Lupakan hal-hal yang membuat anda galau


Tentu ada faktor yang membuat anda menjadi galau, nah untuk menghilangkan rasa galau anda, lupakanlah hal-hal yang pernah anda alami sehingga membuat anda merasa galau. Dengan melupakan hal-hal tersebut, maka pikiran anda sedikit demi sedikit akan merasa tenang.

Itulah 5 tips cara mudah mengatasi galau pada diri anda, semoga dengan tips ini rasa galau anda bisa hilang, semoga artikel yang anda baca pada kesempatan kali ini bermanfaat, sekian dan terima kasih. Jika sempat silahkan luangkan waktu anda untuk share artikel ini ke sosial media supaya teman-teman yang lain juga bisa membacanya.

Banggalah terhadap dirimu sendiri, walaupun memang tak ada yang menyukai. Kadang, mereka itu membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.

7 komentar

Ane stress dikerjaan nih..haha..
Tiap hari motivasi diri, tetap terasa sulit.
Pusing juga ya kalau udh stress ngobatinnya pusing..ahahha..

tetap rilex dan santai gan, main game, pergi santai refresing mungkin dapat membantu mengobati stresnya :D

Biar ga galau, cari kesibukan dengan ngeblog aja guys...

Ane kalau galau ngatasinya kalau ada temen yg ngajak makan gratis dan ngetrip gratis. Galau hilang dengan sendiri hhe

wih mantap si agan ni pengen yang gratis semua hihi

Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat :D
EmoticonEmoticon