12 Cara meningkatkan konsentrasi dan fokus

Cara meningkatkan konsentrasi dan fokus, Konsentrasi membutuhkan sejumlah besar usaha dan waktu. Bahkan jika Anda berlatih selama satu minggu atau bahkan satu bulan, hasilnya tidak akan produktif jika otak Anda tidak berkinerja dengan baik. Namun, ada cara yang cukup mudah untuk meningkatkan konsentrasi Anda dengan cepat dan efektif. Jika Anda mengalami masalah dengan konsentrasi artikel ini mungkin berguna dan bisa membantu anda dalam meningkatkan konsentrasi.

meningkatkan konsentrasi
konsentrasi dan fokus


Konsentrasi sangat dibutuhkan oleh seseorang jika sedang mengerjakan sesuatu. Hal tersebut bertujuan agar apa yang dikerjakan hasilnya menjadi maksimal dan selesai pada waktu yang telah di targetkan. Untuk itu meningkatkan konsentrasi dan fokus sangatlah penting untuk dilakukan. Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan konsentrasi.

Cara meningkatkan konsentrasi dan fokus


1. Beristirahat


Faktor terbesar yang mempengaruhi konsentrasi adalah istirahat dan ini telah disetujui oleh para peneliti. Konsentrasi membutuhkan pikiran yang tenang. Tapi pikiran Anda akan tersebar jika Anda tidak cukup istirahat. Pastikan bahwa Anda memiliki jumlah waktu yang tepat dan cukup untuk tidur serta istirahat. Juga memiliki waktu tidur yang teratur, dan ini dapat menjadi salah satu kunci untuk berkonsentrasi.

Tidur terlalu banyak juga tidak ideal. Tidur yang berlebihan mengganggu ritme alami Anda dan dapat membuat Anda malas. Hindari ini dengan memiliki jam alarm untuk membangunkan Anda di waktu tidur. Jadi sesuaikan saja istirahat anda secukupnya, jangan terlalu berlebihan.

2. Membuat rencana


Selalu memiliki rencana untuk apa pun yang Anda lakukan. Ketika Anda duduk untuk bekerja tanpa rencana, Anda mungkin dengan mudah terjebak dalam kegiatan seperti memeriksa mail, pesan instan (mengobrol), membuka facebook dan browsing web. Tanpa tujuan, Anda membuang-buang waktu Anda untuk melakukan hal tersebut. Anda akan menemukan diri Anda terganggu oleh berbagai pikiran. Bukannya menyelesaikan pekerjaan anda.

Untuk menghindari hal ini, buatlah rencana anda sebelum bekerja agar waktu kerja anda tidak sia-sia. Ambil 5 atau 10 menit untuk istirahat dari pekerjaan anda, dan menggunakan waktu tersebut untuk memeriksa email dan sebagainya, setelah itu mulailah fokus kembali pada pekerjaan anda. Ketika membuat rencana pastikan untuk mengalokasikan waktu yang cukup untuk hiburan, belajar dan tidur.

3. Meditasi


Sebenarnya, ketika kita mencoba untuk meditasi, itu adalah konsentrasi itu adalah hal pertama yang perlu kita kuasai. Melakukan meditasi mengajarkan kita bagaimana untuk fokus pada pekerjaan, atau kegiatan lainnya. Lakukanlah hal ini di tempat yang tenang sehingga hasilnya maksimal, ini akan membantu anda untuk meningkatkan konsentrasi.

4. Pilihlah tempat yang pas untuk konsentrasi 


Jelas beberapa tempat lebih baik daripada yang lain. perpustakaan sekolah, tempat belajar dan kamar pribadi mungkin dapat menjadi tempat yang pas untuk anda.Di antara tempat yang anda pilih usahakan tempat tersebut tidak akan mengganggu konsentrasi anda. Cobalah untuk menjauh dari orang lain jika Anda ingin berkonsentrasi pada pekerjaan Anda.


5. Makan secukupnya dan tidak berlebihan


Terlalu banyak menciptakan beban besar pada pencernaan (makan belebihan) dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan mudah mengantuk. Makan secukupnya dengan makanan sehat mungkin dapat membantu Anda memaksimalkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi. Thomas Jefferson mengatakan, kita jarang menyesal makan terlalu sedikit. Kemungkinan Anda akan menemukan bahwa Anda membutuhkan lebih sedikit makanan untuk memuaskan diri sendiri dari yang Anda pikirkan. Makan terlalu berlebihan mungkin dapat juga mengganggu kesehatan anda.

6. Menjaga kesehatan fisik


Kemampuan untuk berkonsentrasi bergantung banyak pada fisik serta kesehatan kita. Jika kita lelah, tidak sehat, dan menderita oleh berbagai penyakit ringan, konsentrasi akan lebih sulit. Tentu saja, konsentrasi masih mungkin, tapi itu hanya lebih sulit. Namun, kita harus mencoba untuk membuat hidup ini mudah bagi diri kita sendiri; kita perlu memberikan prioritas tinggi untuk kesehatan fisik kita anda dapat melakukannya dengan:

     Mendapatkan tidur yang cukup
     Tetap sehat secara fisik
     Menjaga berat badan yang sehat
     Berolahraga secara teratur

7. Istirahat di sela pekerjaan


kerja terus menerus di tempat yang sama dapat membuat anda menjadi stres. Mengambil istirahat yang konstan dapat memecahkan masalah serta membuat tubuh anda segar. Ini akan membuat Anda aktif dan lebih tertarik pada topik atau kegiatan yang sedang anda kerjakan.

8. Latihan secara konsisten


Konsentrasi adalah kegiatan seperti yang lain. Jelas semakin kita berlatih, semakin baik konsentrasi yang kita miliki. Saya tidak akan mengharapkan anda untuk menjadi seorang pelari yang kuat tanpa melakukan beberapa pelatihan. Demikian pula, konsentrasi adalah seperti otot, semakin kita latihan maka akan semakin baik dan semakin kuat konsentrasi kita.

9. Membantu meningkatkan aliran oksigen ke otak


Darah adalah kendaraan utama oksigen dalam tubuh kita. Tapi darah akan menggenang di bagian bawah dari tubuh kita sebagai akibat dari gravitasi, dan tidak mendorong banyak oksigen ke otak, di mana kita ketahui oksigen juga berperan dalam membantu meningkatkan konsentrasi. Dalam rangka membantu oksigen ke otak, bangunlah dan berjalan-jalan sesering mungkin untuk membantu memompa darah anda. Jika Anda terjebak di tempat kerja dan Anda tidak bisa benar-benar memanfaatkan waktu untuk latihan, cobalah melakukan latihan di tempat kerja. Ini dapat mencakup banyak hal, termasuk latihan isometrik atau aerobik.

10. Praktik melakukan satu hal pada suatu waktu


Hal ini bertujuan untuk melatih diri anda, apakah anda benar-benar fokus melakukan satu pekerjaan anda dan harus dilakukan sampai selesai. Sehingga membuat atau melatih konsentrasi anda terfokus pada satu titik saja.

11. Coba lima atau lebih aturan


Lima-lebih aturan sederhana. Setiap kali Anda merasa seperti berhenti atau kehilangan konsentrasi, katakan kepada diri sendiri untuk melakukan lima dari apa pun yang Anda lakukan. Jika itu masalah matematika, melakukan lima masalah yang lebih (bisa juga latihan soal). Jika itu membaca, melakukan lima halaman lagi. Jika itu berkonsentrasi, melakukan lima menit lagi. Menemukan energi  dalam melakukan lima dari apa pun yang Anda yang Anda lakukan sehingga konsentrasi yang anda lakukan semakin kuat.

12. Coba teknik kata kunci


Dalam teknik sederhana ini, satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah untuk menemukan kata kunci yang tepat pada apa yang Anda pelajari atau lakukan dan setiap kali Anda kehilangan konsentrasi atau merasa terganggu atau pikiran Anda mengarah ke sesuatu yang lain, mulai mengatakan kata kunci yang berulang kali dalam pikiran Anda sampai Anda kembali ke topik awal kegiatan anda. Kata kunci dalam teknik ini bukan kata tunggal tetap tetapi terus berubah menurut arah pikiran anda. Tidak ada aturan untuk memilih kata kunci, hal itu dapat disesuaikan dengan permasalahan awal sehingga membawa anda kembali untuk konsentrasi.

Contoh: Saat Anda membaca artikel tentang gitar. Berikut kata kunci gitar yang dapat anda gunakan. Mulai membaca setiap kalimat secara perlahan dan saat membaca, setiap kali Anda merasa terganggu atau tidak mampu memahami atau berkonsentrasi, mulai mengatakan kata kunci gitar, gitar, gitar, gitar, gitar sampai pikiran Anda datang kembali ke artikel tersebut dan kemudian Anda dapat melanjutkan membaca.

Nah itulah 12 cara untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus anda dengan mudah, tinggal anda lakukan saja dan liat hasilnya, oke semoga artikel pada kesempatan kali ini bermanfaat, sekian dan terima kasih telah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel ini.

0 Response to "12 Cara meningkatkan konsentrasi dan fokus"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel