Ruang Lingkup Ihsan (Berbuat Baik) Dalam Kehidupan

Ruang lingkup ihsan - Ihsan adalah beribadah dengan ikhlas, baik yang berupa ibadah khusus (seperti shalat dan sejenisnya) maupun ibadah umum (aktivitas sosial). Ihsan dapat diartikan juga berbuat baik. Tentu hal ini sangat dianjurkan dalam agam untuk selalu berbuat baik dalam kehidupan kita. Terdapat ruang lingkup dalam ihsan, dimana secara umum ruang lingkup ini meliputi dua hal yaitu ihsan kepada allah dan ihsan kepada sesama makhluk ciptaan allah.

ruang lingkup ihsan

Adapun ruang lingkup berbuat baik atau orang-orang yang berhak mendapatkan perlakuan baik adalah sebagai berikut.

Ihsan kepada Allah swt.


Ihsan kepada Allah swt. artinya berlaku ihsan dalam menyembah atau beribadah kepada Allah swt., baik dalam bentuk ibadah khusus yang disebut ibadah mahdah ataupun ibadah umum yang disebut dengan ibadah gairu mahdah.

Ihsan kepada sesama makhluk ciptaan Allah swt.


1. Ihsan kepada kedua orang tua

Berbuat baik kepada kedua orang tua adalah dengan cara mengasihi, memelihara, dan menjaga mereka dengan sepenuh hati serta memenuhi semua keinginan mereka selama tidak bertentangan dengan aturan Allah swt.

2. Ihsan kepada kerabat karib

Menjalin hubungan baik dengan karib kerabat adalah bentuk ihsan kepada mereka, bahkan Allah swt. menyamakan seseorang yang memutuskan hubungan silaturrahmi dengan perusak dimuka bumi.

3. Ihsan kepada anak yatim

Berbuat baik kepada anak yatim adalah dengan cara mendidiknya dan memlihara hak-haknya.

4. Ihsan kepada fakir miskin

Berbuat ihsan kepada orang miskin adalah dengan memberikan bantuan kepada mereka terutama pada saat mereka mendapat kesulitan.

5. Ihsan kepada tetangga

Ihsan kepada tetangga dekat meliputi tetangga dekat dari kerabat atau tetangga yang berada di dekat rumah, serta tetangga jauh, baik jauh karena nasab maupun yang berada jauh dari rumah.

6. Ihsan kepada tamu

Ihsan kepada tamu secara umum adalah dengan cara menghormati dan menjamunya saat bertamu kerumah kita.

7. Ihsan kepada karyawan atau pekerja

Kepada karyawan atau orang-orang yang terikat perjanjian kerja dengan kita, termasuk pembantu, tukang, dan sebagainya, kita diperintahkan untuk membayar upah mereka sebelum keringat mereka kering (segera), tidak membebani mereka dengan sesuatu yang mereka tidak sanggup melakukannya. Secara umum kita juga harus menghormati profesi mereka.

8. Ihsan kepada sesama manusia

Berbuat ihsan kepada sesama manusia dapat dilakukan dengan melembutkan ucapan saling menghargai satu sama lain dalam pergaulan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah kemungkaran. Menunjuki jalan jika mereka tersesat, mengajari mereka yang tidak mengetahui, mengakui hak-hak mereka, dan tidak mengganggu mereka dengan tidak melakukan hal-hal yang mengusik serta melukai mereka.

9. Ihsan kepada binatang

Berbuat ihsan kepada binatang adalah dengan memberinya makan jika lapar, mengobatinya jika sakit, tidak membebaninya diluar kemampuannya, tidak menyiksanya jika bekerja, dan mengistirahatkannya jika lelah. Bahkan, pada saat menyembelih, hendaklah menyembelihnya dengan cara yang baik, tidak menyiksanya serta menggunakan pisau yang tajam.

10. Ihsan kepada alam sekitar

Alam raya beserta isinya diciptakan untuk kepentingan manusia. Untuk kepentingan kelestarian hidup alam dan manusia sendiri, alam harus dimanfaatkan secara bertanggung jawab.

Nah demikianlah ruang lingkup ihsan yang perlu sobat ketahui, semoga membawa manfaat dan menambah pengetahuan.

0 Response to "Ruang Lingkup Ihsan (Berbuat Baik) Dalam Kehidupan"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel