Pengertian Jaringan LAN, MAN, WAN, dan PAN Lengkap Beserta Gambarnya

Pengertian Jaringan LAN, MAN, WAN, dan PAN - Halo sobat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang macam macam jaringan komputer LAN, MAN, WAN, dan yang terbaru PAN yang mana jaringan ini juga merupakan pelajaran TIK yang dipelajari di kelas IX. Nah, jika sobat ingin memahami lebih lanjut tentang pengertian beberapa jaringan komputer tersebut, berikut ini pembahasannnya lengkap beserta gambar jaringannya.


Local Area Network (LAN)


Pengertian Jaringan LAN

Jenis jaringan pertama berdasarkan geografi adalah Local Area Network atau LAN. Jaringan area lokal berada dalam area geografis yang kecil. Contoh jaringan area lokal adalah jaringan di dalam perusahaan tertentu atau jaringan di rumah kita. Bisa saja, misalnya, beberapa lantai tapi semuanya terhubung oleh media jaringan dengan cara tertentu. Bisa juga banyak bangunan dan mereka bisa saling berhubungan dalam beberapa cara. Contoh lain seperti beberapa gedung dan kampus misalnya. Ini masih merupakan jaringan area lokal karena jaringan dikelola oleh dan milik organisasi tunggal dan jarak yang memisahkan host relatif kecil. Ini disebut inter-jaringan, tetapi masih merupakan jaringan area lokal.

Wide Area Network (WAN)


Pengertian Jaringan WAN

Ini juga memungkinkan untuk memiliki jaringan komputer di mana jaringan dan host didistribusikan secara geografis dan secara luas. Dalam hal ini kita berbicara tentang Wide Area Network atau WAN. Jaringan area luas adalah sekelompok LAN yang saling berhubungan, Local Area Networks, yang terpisah secara geografis. Sebagai contoh, sebuah perusahaan dapat memiliki kantor di berbagai kota. Terkadang pengguna dari satu kota perlu mengakses beberapa data yang berada di server di kota lain. Untuk membuat itu mungkin kita bisa menghubungkan mereka dalam beberapa cara sehingga jaringan area lokal ini saling terhubung ke jaringan, membuat jaringan antar jaringan yang sangat besar atau jaringan area yang luas.

Metropolitan Area Network (MAN)


Pengertian Jaringan MAN

Metropolitan Area Network mencakup area fisik yang lebih besar dari LAN namun lebih kecil dari WAN, seperti kota. MAN dapat dimiliki dan dioperasikan oleh satu entitas seperti badan pemerintah atau perusahaan besar, tetapi biasanya digunakan oleh banyak individu dan organisasi. Hal ini ditetapkan oleh berbagai interkoneksi antara WAN dan LAN. MAN memiliki banyak aplikasi, ini paling sering digunakan di bank, sistem reservasi online dan banyak layanan berbasis militer. MAN dapat menyediakan konektivitas Internet atau televisi kabel untuk LAN di wilayah metropolitan.


Personal Area Network (PAN)


Pengertian Jaringan PAN


PAN adalah jaringan komputer yang diorganisir di sekitar orang perorangan. Ini digunakan untuk komunikasi antar perangkat komputer, termasuk telepon dan asisten digital pribadi. Jaringan area pribadi biasanya melibatkan komputer/laptop, ponsel dan / atau perangkat komputasi genggam seperti PDA atau Pad. PAN dapat digunakan untuk komunikasi di antara perangkat pribadi itu sendiri (komunikasi intrapersonal), atau untuk menghubungkan ke jaringan tingkat yang lebih tinggi dan Internet (up-link). PAN dapat dibangun dengan kabel atau secara nirkabel. Teknologi USB dan FireWire sering dihubungkan bersama PAN kabel, sementara PAN nirkabel biasanya menggunakan Bluetooth, IrDA, Wireless USB, Z-Wave dan ZigBee. Bluetooth PAN juga disebut piconet. Jaringan area pribadi umumnya mencakup jarak kurang dari 10 meter (sekitar 30 kaki).

0 Response to "Pengertian Jaringan LAN, MAN, WAN, dan PAN Lengkap Beserta Gambarnya"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel