Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat - Halo sobat, jumpa lagi pada pembahasan kali ini yang mana kita akan membahas bagaimana sih perilaku hidup bersih dan sehat atau yang biasa kita kenal dengan PHBS. Menerapkan hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang sangat penting temans, selain menjaga diri dan lingkungan agar tetap sehat, kita juga akan merasa nyaman dengan perilaku dan keadaan tersebut.

Lalu, apa itu PHBS ?

perilaku hidup bersih dan sehat
Sumber: Slideshare.net

PHBS merupakan sekumpulan perilaku yang di praktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil dari pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri. Nah dari pengertiannya saja kita bisa tau bahwa PHBS itu sangat penting kita lakukan. Dalam PHBS itu sendiri terdapat 8 indikator yang harus terpenuhi supaya perilaku tersebut benar-benar maksimal untuk kita lakukan.

Indikator PHBS


1. Mencuci tangan dengan air bersih dan menggunakan sabun

Mencuci tangan guna menghindari kuman-kuman yang menempel pada tangan sehingga tangan menjadi bersih dan bebas kuman. Adapun waktu waktu dalam mencuci tangan antara lain.
  • Sebelum dan sesudah makan
  • Setelah bermain dan berolahraga
  • Setelah buang air kecil dan besar
  • Setelah buang sampah
  • Setelah menyentuh hewan


2. Makan jajanan yang sehat

Jajanan yang bergizi ialah jajanan yang tidak mengandung zat berbahaya.

3. Menggunakan jamban bersih dan sehat

4. Olahraga yang teratur dan terukur

5. Membersihkan jentik nyamuk

Membersihkan jentik nyamuk sangat penting guna menghindari banyaknya nyamuk yang hidup di lingkungan sehingga kita dapat mencegah demam berdarah/DBD. Adapun langkah untuk membersihkan jentik nyamuk adalah:
  • Kegiatan memeriksa tempat pembuangan air bersih
  • 3 M (menutup, menguras, menimbun)


6. Tidak merokok

7. Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan sekali

8. Membuang sampah pada tempatnya

Hal yang satu ini sangat penting untuk kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, jangan biarkan sampah berserakan di lingkungan kita. Sampah merupakan bahan yang terbuang/dibuang dari hasil aktivitas manusia maupun alam. Sampah terbagi menjadi dua yakni sampah organik dan sampah non organik.

Sampah organik: Sampah organik berasal dari makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Sampah organik sendiri dibagi menjadi:
  • Sampah organik basah, sampah organik basah merupakan sampah yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Contohnya kulit buah dan sisa sayuran.
  • Sampah organik kering, Sementara bahan yang termasuk sampah organik kering adalah bahan organik lain yang kandungan airnya kecil. Contohnya kertas, kayu, ranting pohon.


Sampah non organik: Sampah yang berasal dari sumber daya alam tak terbarui seperti mineral dan minyak bumi, atau dari proses industri. Beberapa dari bahan ini tidak terdapat di alam seperti plastik dan aluminium. Sebagian zat anorganik secara keseluruhan tidak dapat di uraikan dalam waktu yang sangat lama. Sampah jenis non organik ini biasanya kita jumpai pada rumah tangga, misalnya berupa botol, tas plastik, dan kaleng.

Demikianlah pembahasan kita pada kesempatan kali ini mengenai perilaku hidup sehat (PHBS), semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua yang membaca, sekian dan terima kasih sampai jumpa lagi di pembahasan berikutnya.

0 Response to "Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel