Macam macam perwatakan / penokohan dalam drama

Macam-macam penokohan dalam drama - Halo sobat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai 8 macam perwatakan yang ada dalam seni drama beserta penjelasannya secara lengkap. Seni drama merupakan seni peran yang dimainkan oleh beberapa orang pemeran di atas panggung. Nah, dalam seni drama ada unsur instrinsik yang mana dari unsur intrinsik drama ini terdapat penokohan atau pewatakan.

Baca juga: Cerpen kartini karya putu wijaya

Dalam drama, penokohan sangatlah penting karena jika tokoh tidak bisa membawakan peran dengan baik maka drama tersebut akan terlihat kurang menarik dimata penonton. Di dalam seni drama penokohan di bagi menjadi 8, untuk lebih memahami lebih dalam berikut ini penjelasan  mengenai penokohan dalam drama, silahkan simak baik baik berikut ini.

seni drama


1. Protagonis

Protagonis merupakan tokoh utama/bintangnya dalam drama, biasanya tokoh protagonis ini mempunyai sifat baik.

2. Antagonis

Antagonis merupakan lawan dari tokoh utama, biasa disebut tokoh hitam dan antagonis biasanya merupakan tokoh jahat dalam drama.

3. Tritagonis

Tritagonis merupakan tokoh yang tidak memihak tokoh utama maupun tokoh antagonis, tokoh ini bersifat netral dan sebagai penengah.

4. Deutragonis

Deutragonis merupakan tokoh yang berpihak kepada tokoh utama, biasanya tokoh ini berperan sebagai teman dari tokoh utama.

5. Foil

Foil merupakan tokoh yang berpihak kepada lawan tokoh utama atau berpihak pada tokoh antagonis.

6. Confident

Confident merupakan tokoh yang menjadi tempat pengutaraan tokoh utama, biasanya rahasia dari tokoh utama hanya tokoh confident yang mengetahuinya dan juga penonton.

7. Raisoneur

Raisoneur merupakan tokoh yang menjadi corong biacara pengarang kepada penonton.

8. Utility

Utility merupakan tokoh pembantu, baik dari kelompok hitam atau kelompok putih. Biasanya tokoh ini bersifat komedian dan sebagai pelengkap saja, artinya walaupun tokoh ini tidak muncul dalam drama tidak akan mengurangi keseruan dari drama.

Demikianlah pembahasan mengenai macam macam penokohan dalam drama, semoga dengan membaca artikel ini dapat semakin menambah wawasan sobat mengenai pemeranan dalam drama. Oke cukup sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Response to "Macam macam perwatakan / penokohan dalam drama"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel