Macam macam teknik melukis

teknik melukis

Macam - macam teknik melukis - Halo sobat, jumpa lagi di blog teropong pelajar blog yang membahas seputar dunia pendidikan sekolah maupun umum. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mengenal berbagai macam dari teknik melukis. Melukis merupakan kegiatan mengolah medium dua dimensi sehingga mendapat kesan tertentu. Bagi sebagian orang yang suka melukis tentu akan sangat mahir dalam melakukan berbagai teknik dalam melukis, namun bagi orang yang belum terbiasa namun memiliki hobi bisa mempelajari cara cara melukis dengan teknik tertentu.

Keberhasilan sebuah lukisan karena seniman berhasil menyusun unsur-unsur lukisan itu menjadi suatu ungkapan perasaan. Unsur (elemen) visual suatu lukisan, antara lain adalah garis, bidang, warna, tekstur, gelap terang, komposisi, nada, dominasi, dan kesatuan. Hal penting dalam melukis yang harus diperhatikan adalah teknik. Ada beragam teknik melukis yang bisa digunakan untuk membuat suatu lukisan, teknis tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Teknik Pointilis

Teknik pointilis adalah cara atau teknik menggambar atau melukis dengan menggunakan titik-titik hingga membentuk suatu objek yang sederhana tetapi cukup menarik. Pointilisme (titik) adalah teknik yang dibentuk dari susunan titik kecil, titik-titik yang berbeda dari warna di terapkan dalam pola untuk membentuk sebuah gambar. Mayoritas pointilisme dilakukan menggunakan cat minyak.

2. Teknik Dussel (gosok)

Teknik dussel adalah teknik menggambar dengan cara menggosok sehingga menimbulkan kesan gelap terang atau tebal tipis. Alat yang bisa digunakan antara lain pensil, krayon, dan konte. Teknik menggambar ini dilakukan dengan bantuan kapas atau alat khusus yang berupa gulungan kertas (bentuknya mirip pensil), bahkan jari-jari kita pun dapat digunakan untuk teknik menggambar yang satu ini.

3. Teknik Siluet (blok)

Teknik siluet adalah teknik menutup objek gambar dengan menggunakan satu warna sehingga menimbulkan kesan blok. Teknik siluet ada dua macam, yaitu siluet positif dan siluet negatif. Siluet positif adalah menggambar dengan memberikan warna/blok pada bentuk yang di inginkan. Adapun siluet negatif adalah menggambar dengan memberikan warna/blok di sekitar/keliling bentuk yang di inginkan.

4. Teknik Arsir

Teknik arsir dibuat dengan cara menggoreskan pensil, spidol, tinta, atau alat lain berupa garis-garis berulang yang membuat kesan gelap terang, gradasi, atau kesan dimensi. Teknik menggambar arsir lebih menekankan pada kekuatan garis (stroke), dilakukan berulang-ulang secara sejajar maupun tumpang berpotongan. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kesan gelap. Alat yang digunakan biasanya pensil, spidol, krayon, konte, kapur, dan arang.

5. Teknik Akuarel (sapuan basah)

Teknik akuarel dapat menggunakan bahan dengan campuran air di kertas, kain, atau bidang lain. Bila menggunakan bidang gambar berupa kertas maka dapat menggunakan cat air, cat poster, atau tinta bak. Teknik menggambar ini menggunakan media basah supaya menghasilkan warna yang transparan. Alat yang cocok adalah menggunakan kuas.

6. Teknik Plakat

Plakat merupakan teknik melukis yang medianya menggunakan macam macam cat. Ciri-ciri lukisan/gambar ini adalah sapuan warna cat yang tebal dan kental sehingga lukisan tampak indah dan menarik. Media yang digunakan adalah cat air dan cat minyak.

7. Teknik Spray

Teknik spray dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan cat pada gambar/lukisan. Cara melukis dengan teknik ini menggunakan bahan cair yang kemudian disemprotkan dengan alat sprayer. Teknik ini sering digunakan untuk membuat lukisan yang lebih visual.

8. Garis (Linear)

Teknik linear adalah teknik yang digunakan dengan cara menggambar suatu objek menggunakan garis , baik garis lengkung maupun garis lurus. Hasil gambar ini menjadi seperti rusuk-rusuk yang tertata jika semua garis lurus. Media yang digunakan pada tekni ini adalah pensil dan kertas gambar.

Nah, itulah beberapa teknik yang dilakukan dalam melukis. Demikianlah artikel pada kesempatan kali ini semoga apa yang sobat baca dapat menjadi referensi dan sumber pengetahuan dalam melukis. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

2 Responses to "Macam macam teknik melukis"

  1. Nice artikel gan, sangat cocok bagi orang yang suka dengan draw / menggambar

    BalasHapus

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel