Isi kandungan surah al humazah dan at takasur

Halo sobat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai isi kandungan dari surah al humazah dan at takasur. Surah al humazah dan at takasur merupakan dua surah yang membicarakan tentang sifat orang orang yang tamak terhadap harta. Kita mengetahui bahwa tamak terhadap harta merupakan hal yang tidak diperbolehkan dan dilarang dalam islam. Mari kita pelajari kedua surah tersebut dengan seksama, silahkan simak beberapa penjelasan mengenai kandungan kedua surah tersebut berikut ini.

1. Surah al humazah

Pembahasan mengenai surah al humazah berikut ini meliputi lafal dan terjemahannya, asbabun nuzul, serta penjelasan ayatnya.

- Lafal dan terjemahan surah al humazah

surah al humazah
Surah al humazah




Artinya: " Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung hitungnya, dia (manusia) mengira bahwa hartanya dapat mengkekalkannya, sekali-kali tidak ! pasti akan di lemparkan kedalam (neraka) hutamah, dan tahukah kamu apakah hutamah itu ? yaitu api (azab) allah yang dinyalakan yang (membakar) sampai ke hati, sungguh api itu ditutup rapat atas (diri) mereka, (sedang mereka itu) di ikat pada tiang-tiang yang panjang (Q.S al humazah: 1-9 )

- Asbabun nuzul

Surah al humazah diturunkan berkaitan dengan ubay bin khalaf, seorang tokoh kafir quraysi yang kaya raya. Ia selalu mengejek nabi muhammad saw dengan kekayaannya. demikianlah diriwayatkan oleh ibnu abi hatim yang bersumber dari usman bin ibnu umar.

Baca juga: Hikmah dan manfaat tadarus al qur'an di bulan ramadhan

- Penjelasan ayat

Ayat 2 masih berkaitan dengan ancaman allah swt terhadap Orang-orang kafir yang mengejek dan mengumpat keadaan nabi muhammad saw yang sangat sederhana. Mereka mengira bahwa kemuliaan dan kehormatan seseorang ditentukan oleh berlimpahnya harta. Itu sebabnya mereka selalu mengumpulkan harta sehingga mereka hanya sibuk menghitung kekayaannya. Mereka hanya mementingkan dunia yang hanya sementara.
Ayat 3, allah swt menjelaskan bahwa orang kafir itu menganggap bahwa harta yang mereka miliki dapat membawa pada kesenangan selamanya. Bahwa mereka menganggap neraka sebagai ganjaran bagi mereka  dapat pula ditukar dengan harta.
Ayat 4, allah swt menjelaskan bahwa semua anggapan orang orang kafir itu salah. Allah berfirman " sekali-kali tidak ! pasti dia akan dilemparkan ke neraka hutamah "
Ayat 5-7 Menjelaskan bahwa bagaimana hutamah yang akan mereka (pencela dan pengumpat) dapatkan. Hutamah adalah api yang dinyalakan untuk membakar mereka.
Ayat 8-9 menjelaskan keadaan mereka ketika berada di dalam hutamah. Orang yang sudah masuk ke dalamnya tidak mampu melarikan diri. Mereka semua di ikat pada tiang-tiang panjang. Jika sudah demikian hanyalah penyesalan yang di dapatkan.

2. Surah at takasur

Pembahasan mengenai surah al humazah berikut ini meliputi lafal dan terjemahannya, asbabun nuzul, serta penjelasan ayatnya.

- Lafal dan terjemahannya

surah at takasur
surah at takasur

 Artinya: " Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur, sekali kali tidak ! kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), kemudian sekali-kali tidak ! sekiranya kamu mengetahui dengan pasti, niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka jahim, kemudian kamu benar-benar akan melihatnya dengan mata kepala sendiri, kemudian kamu benar-benar ditanya pada hari itu tentang kenikmatan yang kamu megah-megahkan " (Q.S at takasur: 1-8)

- Asbabun nuzul



Surah at takasur turun berkaitan dengan dua kabilah ansar (bani harisah dan bani hars). Mereka saling menyombongkan diri dengan kekayaan dan keturunannya dengan saling bertanya, apakah kalian mempunyai pahlawan segagah dan secekatan si fulan ? mereka juga menyombongkan diri dengan kedudukan dan kekayaan orang-orang yang masih hidup. Mereka mengajak pergi ke kubur untuk menyombongkan kepahlawanan dari golongannya yang sudah gugur dengan menunjukkan kubur mereka. Surah ini turun untuk memberi peringatan kepada orang yang hidup bermegah megahan sehingga ibadah mereka terlalaikan.

- Penjelasan ayat

Ayat 1 dan 2 menjelaskan "bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur" ayat ini memberi gambaran kepada orang-orang yang  beriman bahwa kebanyakan manusia mendambakan dan membanggakan kemewahan dunia. Sifat ini berlangsung hingga kemarian menghampiri mereka.
Ayat 3-5 merupakan bantahan terhadap anggapan orang yang bermegah-megahan. Mereka akan menerima balasan sebagai akibat dari perbuatannya.
Ayat 6-8 menjelaskan balasan yang akan mereka dapat, mereka akan langsung melihat neraka jahim. Mereka akan menyaksikan dan merasakan siksaan dari api neraka jahim. Saat itu mereka akan ditanya tentang kemegahan yang dahulu telah dibanggakan. Namun, semua itu hanyalah tinggal penyesalan yang tiada berarti.

Demikianlah pembahasan mengenai isi kandungan dari surah al humazah dan surah at takasur, semoga apa yang sobat baca dapat menjadi referensi dan bermanfaat buat kita semua, sekian dan terima kasih.

Banggalah terhadap dirimu sendiri, walaupun memang tak ada yang menyukai. Kadang, mereka itu membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.

2 komentar

Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat :D
EmoticonEmoticon