APBN itu apa sih ?

Assalamualaikum sahabat....
Berjumpa kembali dengan saya, semoga kita semua selalu dalam  keadaan sehat selalu, amin. Ngomong-ngomong nih, udah tau nggak hari ini kita mau ngebahas tentang apa ?
Iyya,, betul sekali ! hari ini kita membahas tentang salah satu unsur vital dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau yang biasa kita sebut APBN.

APBN itu apa
sumber: Kompasiana.com

Pernah kebayang nggak sih, apa sebenarnya APBN itu? Itu uang segitu banyaknya dapat dari mana? bagaimana  mekanisme penyusunannya?. Dan diapain selanjutnya?.  Atau mungkin karena kita orang awam kita nggak harus tau. Kita cuek aja gitu, nggak peduli sama sekali, atau bahkan merasa buang-buang waktu untuk mengetaui hal itu?

Baca juga: Pengertian hak dan kewajiban

Jangan salah temen-temen, sebagai wujud rasa cinta tanah air kita khususnya untuk generasi muda bangsa indonesia yang tercinta ini hehe,,, hal-hal kayak begini ini nih, jangan sampai kita acuh atau punya sikap tidak mau tau dengan hal-hal yang kayak begini. Intinya kita harus punya semangat dalam diri kita masing-masing “kalo bukan gue yang peduli dengan bangsa dan negara gue siapa lagi?” setidaknya kita semua meskipun masih muda, punya sedikit pengetahuan tentang bagaimana jalannya pemerintahan di negara kita. Setidaknya kita tahu, jangan sampai kita ditanya “APBN itu apa?” Kita jawabnya “nggk tau”. Malu-maluin bangetkan jadinya. Oleh sebab itulah kita dituntut utuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan jalannya suatu pemerintahan.
rasanya udah terlalu banyak basa basi nih kayaknya, langsung aja deh :

APBN ITU APA SIH ?


Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau yang sering kia singkat APBN, adalah  suatu rencana keuangan tahunan pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat, yang nantinya rencana belannja itu digunain untuk pembangunan, atau yang lainnya terkait dengan anggaran untuk menjalanka roda pemerntahan. “kalo ndak ada APBN, suatu negara nggak akan bisa berjalan”  kenapa? Karena semua program-program pemerinah untuk menyejahtrakan masyarakat dijalankan dengan dana APBN. Kalo suatu negara diibaratkan kayak loe nih, (misalnya) APBN itu kayak semua rencana daftar jajan apa aja disekolah ntar yang mau loe beli, buat nabung berapa, buat beli pulsa berapa dan lain-lain. Nah begitulah kira-kira pentingnya APBN untuk suatu negara. Kalo ndak ada APBN, loe bisa ngebayangin nggak uang seanyak itu mau diapain nantinya.

UANG APBN ITU ASALNYA DARIMANA AJA SIH ?


Nih kan ceritanya mau nyusun pembelanjaan negara tiap tahun nih ? nah sekarang uangnya sebenernya dapet darimana sih? Apa jangan-jangan .... (hehe)
Jadi temen-temen uang APBN itu berasal dari beberapa sumber, diantaranya adalah :

1. Pajak

Nah , perlu kamu ketahui nih, ternyata apa yang kita bayar tiep tahun, atau bahkan tiep bulan, yang disebut pajak itu, itulah yang nantinybakal jadi kas negara. Nggak cuman itu gaes, yang disebut pajak ternyata bukan cuman itu, ternyata ada berbagai macam jenis pajak,
  • ada pajak penjualan barang mewah
  •  Pajak bumi dan bangunan
  •  Bea matrai
  • Bea cukai
  • Bea eksport import
  • Dan lain sebagainya hehe,,
2. Dari Bukan Pajak

Selain dari pajak, dana APBN itu juga bersumber dari Perusahaan-perusahaan pemerintah gaes, kayak, PLN, Pertamina, atau yang lainnya. Perusahaan-perusahaan pemerintah itu biasanya bergerak dalam bidang-bidang yang vital dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Misalnya kayak PLN atau Pertamina, Kedua Perusahaan milik pemerintah inilah yang bakalan nyediain pasokan Listrik dan BBM di Indonesia. Kenapa harus Pemerintah ? biar bisa dimonopoli pemerintah, dan harga-harganya terkendali. Sekarang udah tau kan....

Selanjutnya, GIMANA SIH PROSES PENYUSUNAN APBN ITU ?
Dalam masalah hal-hal yang berkaitan mengenai duit-duit negara, udah tau kan itu tugas dari lembaga apa? Nnnah,, tepat sekali Menteri DUIT, !

Ehh, salah Menteri Keuangan ! udah taukan siapa menteri keuangan Republik Indonesia saat ini?. Jangan sampai nggak tau ya bro.. hehe menteri keuangan saat ini di kabinet Indonesia Kerja Pak Jokowi sekarang adalah IBU SRI MULYANI. ( udah tau kan??)

Jadi nanti Pemerintah, dala hal ini Presiden, dibantu oleh para menteri-menterinya khususnya menteri keuanga bakalan buat Rancangan APBN atau yang biasa disebut RAPBN, RAPBN ini disusun oleh menteri keuangan nggak main-main loh, ada beberapa azas yang perlu dperhatikan, seperti azas, kemandirian, azas penghematan, azas penajaman prioritas pembangunan, agar pebyusunan APBN nantinya mengalami keadaan yang sehat. (sehat dalam artian yang seimbang ya bro, hehe).

Setelah itu, RAPBN ini nantinya bakalan dibahas di DPR untuk meminta persetujuan dari rakyat, (DPR itu kan Dewan Perwakilan Rakyat). Nantinya di DPR bakal didatangkan ahli-ahli yang berkompeten dibidangnya, untuk membahas RAPBN ini yang nantinya bakalan disahkan jadi APBN. Perlu diketahui nih gaes, salah satu hak DPR dalam penyusunan APBN ini disebut Hak Budged.

Setelah RAPBN disetujui di DPR, barulah APBN mulai di cairkan. Mulai dari gaji para pegawai pemerintah (kayak PNS, Polisi,TNI,Presiden,Menteri-menteri, DPR, dan lain-lain), Pembangunan Infrastrutur, Transfer Daerah, dan lain-lain. Dan semua itu ditujukan untuk MENYEJAHTRAKAN MASYARAKAT. Dan kalaupun ada oknum-oknum pemerintah yang makan sendiri dana APBN padahal dia udah digaji, itulah yang kita sebut “KORUPTOR” haha jangan ditiru ya sob. Hehe

Sekian dari saya semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel