Pengertian dan macam macam mukjizat serta contohnya

Pengertian mukjizat serta macam macamnya, Halo sobat pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang mukjizat. Hal ini perlu kita ketahui juga karena merupakan tanda tanda kebesaran allah swt. Mukjizat diberikan kepada para rasul-Nya untuk membuktikan kebesaran allah di kalangan umat para nabi dan rasul saat itu.

pengertian dan macam mukjizat

Mukjizat adalah suatu kejadian luar biasa yang diberikan oleh allah kepada para rasul-Nya yang dapat melemahkan segi usaha dan alasan orang-orang kafir dalam menentang rasul. Mukjizat tidak dapat dipelajari, mukjizat itu datang seketika, serta mukjizat tidak direncanakan sebelumnya.

Fungsi mukjizat

  • Untuk melemahkan dan mengalahkan usaha orang-orang kafir yang menentang seruan para rasul.
  • Sebagai bukti kebenaran bahwa rasul benar-benar dipilih allah sebagai utusannya.
Macam macam mukjizat

Selanjutnya adalah macam macam mukjizat, Adapun mukjizat ada dua macam, yakni mukjizat kauniah dan mukjizat aqliyah. Berikut ini penjelasannya.

  1. Mukjizat kauniah, adalah mukjizat yang tampak, dapat ditangkap oleh pancaindera. Seperti tongkat nabi musa yang berubah menjadi ular (ada orang yang menyebutnya mukjizat terbatas)
  2. Mukjizat aqliyah, yaitu mukjizat yang hanya dapat dipahami oleh akal pikiran. Seperti al qur'an, keluar biasaannya adalah dari segi keindahan sastranya, tidak ada seorang pun yang dapat menandinginya ( ada yang menyebutnya mukjizat tak terbatas).
Contoh-contoh mukjizat

Selain pengertian dan macam macam mukjizat diatas, berikut ini saya berikan beberapa contoh mukjizat dari pada nabi dan rasul.

1. Mukjizat nabi nuh AS

Untuk menunjukkan kebesarannya sekaligus mengazab orang orang durhaka, allah memerintahkan nabi nuh as untuk membuat perahu. Membuat perahu besar dalam waktu yang sangat cepat adalah perbuatan luar biasa apalagi dikerjakan di atas bukit. Setelah perahu nabi nuh as selesai, air bah yang sangat dahsyat melanda negeri itu, menenggelamkan segala yang ada di muka bumi kecuali nabi nuh dan para pengikutnya beserta sepasang binatang dari berbagai jenis atau macamnya. 

Allah swt berfirman dalam surah hud ayat 37 yang artinya:

" Dan buatlah kapal itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu kami, dan janganlah engkau bicarakan dengan aku tentang orang orang yang zalim, sesungguhnya mereka itu akan di tenggelamkan (Q.S Hud:37).

2. Mukjizat nabi ibrahim AS

Mukjizat nabi ibrahim adalah tidak hangus dibakar dalam api unggun yang sangat besar. Mukjizat ini melemahkan kekerasan dan kezaliman serta kekafiran raja namrud.

Allah swt berfirman dalam surah al anbiya ayat 69 yang artinya:

" Kami (allah) berfirman, wahai api jadilah kamu dingin, dan penyelamat bagi ibrahim (Q.S al-anbiya:69).

3. Mukjizat nabi musa AS

Untuk menjatuhkan kecongkakan para ahli sihir istana fir'aun. Allah memberikan mukjizat kepada nabi musa berupa tongkat yang menjelma menjadi ular. Ular nabi musa memakan semua ular tukang sihir. Tongkat nabi musa juga dapat membelah laut menjadi jalan dan telah menyelamatkan nabi musa dan para pengikutnya dari kejaran fir'aun. Sebagaimana firman allah dalam surah taha ayat 19 sampai 21 yang artinya:

" Dia (allah) berfirman, lemparkan ia wahai (musa), lalu musa melemparkan tongkat itu, maka tiba-tiba ia menjadi seekor ular yang merayap dengan cepat. Dia (allah) berfirman, peganglah ia jangan takut, kami akan mengembalikannya kepada keadaan semula" (Q.S taha:19-21)

4. Mukjizat nabi isa AS

Allah menurunkan mukjizat kepada nabi isa dalam rangka menjawab kaumnya yaitu:
  • Dapat membuat burung dari tanah, lalu hidup.
  • Dapat menghidupkan orang yang mati.
  • Menyembuhkan penyakit kusta.
  • Menyembuhkan orang buta.
  • Mengetahui apa yang dimakan dan disimpan orang dirumah.

5. Mukjizat nabi muhammad SAW

Mukjizat yang diberikan allah kepada nabi muhammad antara lain:
  1. Dari celah-celah jari tangan beliau memancur air yang dapat diminum sebagai pelas dahaga.
  2. Melakukan perjalanan isra' dan mi'raj dalam waktu satu malam. Perjalanan seperti itu tidak mungkin dilakukan dalam keadaan biasa walaupun dengan menggunakan kendaraan atau pesawat yang super canggih sekalipun.
  3. Al qur'anul karim. Kitab suci yang tidak mungkin tertandingi baik dari segi bahasanya maupun dari segi kandungan isinya.

Demikianlah artikel kali ini mengenai pengertian dan macam macam mukjizat beserta contohnya, semoga apa yang sobat baca dapat menjadi referensi dan bermanfaat buat sobat, sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Banggalah terhadap dirimu sendiri, walaupun memang tak ada yang menyukai. Kadang, mereka itu membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.

Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat :D
EmoticonEmoticon