Pengertian klimatologi

klimatologi


Pengertian Klimatologi, Kali ini Teropong Pelajar akan membagikan artikel yang berkaitan dengan pelajaran geografi, yaitu tentang klimatologi. Nah Sebelum masuk ke definisi ada baiknya sobat mengetahui apa sih Klimatologi itu? Menurut Wikipedia, Klimatologi Menurut bahasa berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu Klima yang berarti "tempat, wilayah, zona", dan Logia yang berarti "Ilmu". Klimatologi menurut istilah adalah studi mengenai iklim, secara ilmiah di definisikan sebagai kondisi cuaca yang dirata-ratakan selama  priode waktu yang panjang.

Definisi Klimatologi

Terdapat berbagai definisi/pengertian mengenai ilmu iklim atau klimatologi. Rumney (1968) menjelaskan klimatologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang atmosfer, sedangkan Kendrew(1967) mendefinisikan klimatologi sebagai ilmu yang mempelajari deskripsi iklim regional. Definisi yang umum mengatakan Klimatologi adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk atau prilaku cuaca serta unsur-unsur atmosfer baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Pengertian tersebut berbeda dengan meteorologi. Meteorologi merupakan ilmu yang lebih menekankan tenteng proses-proses fisika yang terjadi di atmosfer (atau paling sedikit sampai batas tropopause) pada suatu saat tertentu. Sedangkan Klimatologi lebih menekankan pada penyebaran-penyebaran unsur iklim menurut waktu dan tempat. Sebagai salah satu contoh adalah: penyebaran curah hujan di Nusa Tenggara Barat pada tahun 2016.

Demikianlah artikel ini mengenai pengertian klimatologi. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah wawasan pengetahuan kita. Mungkin hanya ini yang dapat saya berikan terima kasih atas perhatinnya and Have a nice day.

Banggalah terhadap dirimu sendiri, walaupun memang tak ada yang menyukai. Kadang, mereka itu membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.

Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat :D
EmoticonEmoticon