Cara menghilangkan ngantuk saat sholat tarawih

Cara mengatasi ngantuk saat tarawih -  Salah satu ibadah yang paling utama di bulan ramadhan adlah sholat tarawih. Sholat tarawih adalah sholat sunnat yang dikerjakan setelah sholat isya, dan hanya dikerjakan pada bulan ramadhan saja. Sholat tarwih biasanya dikerjakan secara berjamaah di mesjid – mesjid maupun di musholla. Karena dikerjakan pada waktu malam tak jarang kita sering mengantuk saat menjalankannya, akibatnya kita kurang maksimal  dalam menjalankan ibadah ini. Oleh sebab itu berikut beberapa tips menghindari ngantuk saat sholat tarawih :

mengatasi ngantuk saat tarawih


1. Usahakan untuk istirahat disiang harinya

Tak perlu tidur sepanjang hari, hanya saja cobalah untuk luangkan waktu anda sejenak untuk beristirahat pada siang harinya. Alokasikan waktu anda setidaknya 2 jam atau 3 jam untuk beristirahat. Biasanya waktu yang paling tepat adalah saat siang hari pukul 2 sampai pukul  4 sore. Tak perlu banyak – banyak, yang anda butuhkan disini adalah kualitasnya bukan lama waktunya.

Dibulan puasa memang banyak orang menghabiskan waktunya untuk bermalas – malasan dan tidur sepanjang hari. Bukannya menjadi bugar saat malamnya justru makin ngantuk. Saat menjalankan ibadah puasa kita tidak dianjurkan untuk bermalas – malasan, kita tidak boleh lemas, dan jangan sampai ibadah puasa yang sedang kita jalani menjadi alasan untuk kita tidak bekerja seperti hari – hari biasanya.

2. Luangkan waktu untuk berolahraga

Olahraga yang anda butuhkan saat menjalankan ibadah puasa memang tidak harus seperti pada bulan lainnya. Karena tentu kita juga tidak boleh terlalu boros dalam menggunakan kita sepanjang hari. Cobalah untuk jalan – jalan santai dipagi hari, nikmati suasana pagi setelah sholat subuh, hirup udara segar, atau coba untuk mengerjakan pekerjaan rumah seperti bersih – bersih kamar, menyapu, mencuci baju atau yang lainnya. Yang penting anda kita bisa berkeringat dan terus bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa. Hal ini sangat mempengaruhi keadaan tubuh di waktu malamnya, InsyaAllah kita tidak nganruk saat sholat tarawih.

3.  Jangan sampai kekenyangan saat berbuka

Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, waktu berbuka puasapun telah tiba, saatnya merayakan kemenangan, dan apa yang telah diharamkanpun sudah dihalalkan. Acara balas dendampun segera dimulai. Apa yang dilihat semuanya mau dimakan, sampai – sampai kenyangnya minta ampun. Hehe..

Terlalu kenyang adalah salah satu penyebab tubuh menjadi malas dan menagntuk. Cobalah untuk makan makanan yang tidak terlalu berat saat berbuka. Kalo bisa makan malamnya setelah pulang sholat tarawih.

4. Hindari mengkonsumsi es berlebihan saat berbuka

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin secara berlebihan membuat perut terasa berat dan menyebabkan tubuh susah untuk diajak aktif. Ujung – ujungnya menyebabkan ngantuk. Saat berbuka puasa memang paling enak mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin, karena tentu bisa menyegarkan setelah seharian penuh menahan haus dan lapar.

Namun hal itu tanpa kita sadar sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh kita pada malam harinya. Boleh saja mengkonsumsi es pada saat berbuka puasa, namun ingatlah jangan terlalu banyak. Bukankah Allah juga tidak suka pada hal – hal yang berlebihan. Coba jalankan perintah Allah tersebut, insyaAllah Allah akan memudahkan jalan-Nya. Amien .

5. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur normal untuk orang dewasa biasanya berkisar setidaknya 6 sampai 8 jam dalam sehari . Namun pada bulan Ramadhan kita sangat dianjurkan untuk semakin memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. Karena pada bulan tersebut, amal kebaikan manusia  akan dilibat gandakan pahalanya. Bahkan ada satu malam di bulan ramadhan yang nilainya setara dengan seribu bulan. Maka oleh karena itu, kita jangan sampai melewatkan hal tersebut. Mari kita senantiasa berlomba – lomba dalam beribadah.

Lihat juga: Hikmah dan Manfaat tadarus al quran di bulan ramadhan

Dilain sisi kita harus selalu memperhatikan kesehatan kita agar kondisi tubuh kita bisa menunjang untuk menjalankan ibadah – ibadah pada bulan ramadhan. Saat akan tidur biasakan berwudlhu terlebih dahulu, mencuci muka adalah salah satu tips agar tidur kita lebih berkualitas. Rasullullah tidak mungkin menganjurkan kepada kita kalo itu bukan hal yang benar – benar  bermanfat untuk kita sendiri.  Saat tidur cobalah untuk menghindari kontak langsung dengan benda – benda elektronik seperti Hp,kamera, ataupun menonton tv,  karena hal tersebut mempengaruhi kualitas tidur anda.

Jika kualitas tidur anda bagus, insyaAllah kondisi tubuh anda akan selalu fit dalam menjalankan ibadah puasa. Dan ketika kondisi tubuh sudah fit maka semua ibadahpun akan maksimal untuk dijalani. Termasuk saat mengerjakan sholat tarawih.

0 Response to "Cara menghilangkan ngantuk saat sholat tarawih"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel