Sejarah Masuknya Islam Di Nusantara

Sejarah Masuknya Islam Di Nusantara - Halo sobat bagaimana kabarnya ? semoga sehat selalu. Jumpa lagi di blog teropong pelajar yang mengajak sobat menggali berbagai ilmu pengetahuan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sejarah masuknya islam pertama kali ke nusantara. Apa sebab dan bagaimana sih proses masuknya islam ke nusantara akan kita bahas tuntas pada kesempatan ini.

Proses masuknya islam ke nusantara perlu kita ketahui sebagai pembelajaran dan mengetahui gambaran mengenai sejarah-sejarah peradaban islam khususnya di nusantara. Karena masuknya islam ke nusantara melalui proses yang sangat panjang hingga kita bisa melihat islam yang berkembang begitu pesat sampai sekarang ini. Baiklah langsung saja kita ke pembahasan berikut ini.

sejarah islam nusantara


Proses masuknya islam di nusantara


1. Melalui hubungan perdagangan nusantara dan perdagangan dari india, persia, dan arab

Nusantara berarti  negara kepulauan atau wilayah yang terdiri dari pulau-pulau. Nusantara adalah sebutan untuk indonesia baik dizaman sebelum atau sesudah kemerdekaan. Karena terdiri dari pulau-pulau dari dulu wilayah ini terkenal dengan wilayah yang memiliki banyak pelabuhan, penduduknya terkenal di dunia maritim sebagai pelaut-pelaut ulung, penakluk ombak, dan penjelajah lautan.

Pada abad ke 7 pantai pesisir sumatera telah menjadi kawasan lintas perdagangan bagi pedagang-pedagang muslim dari india, persia, dan arab menuju tiongkok yang terus berlanjut sampai beberapa abad kemudian, berarti sejak beberapa abad lalu sudah terjadi interaksi antara pedagang di nusantara yang berada di wilayah ini dengan para pedagang yang berasal dari india, arab, dan persia. Bahkan ada yang menuturkan sejak abad ke 5 M samudera hindia telah menjadi kawasan berbahasa arab.

2. Bukti nyata awal penyebaran islam di indonesia

Bukti sejarah adanya penduduk nusantara yang memeluk agama islam baru dapat dipastikan dengan adanya temuan-temuan para ahli sejarah dan arkeolog, bukti-bukti sejarah tersebut menunjukkan dengan pasti bahwa islam mulai tersebar di indonesia sejak permulaan abad ke 11, bukti-bukti tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Batu nisan dengan nama fatimah binti maimun (wafat 475 H/1082 M) di leran gresik.
  • Makam sultan malik as saleh, raja pertama kerajaan samudera pasai (1270-1297 M)
  • Makam seorang muslimah, Tuhar amisuri (602 H) di barus, pantai barat pulau sumatra.
  • Penyebaran agama islam di nusantara di tandai dengan berdirinya kerajaan-kerajaan islam di nusantara sejak abad ke 13 M

 

Tersebarnya islam di nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran


1. Masuknya islam ke nusantara melalui kegiatan perdagangan

Perdagangan dan pelayaran merupakan sumber penghasilan utama masyarakat dan kerajaan nusantara di pesisir sumatra. Demikian juga dengan masyarakat di sekitar pesisir jawa, baik di sunda kelapa (jakarta) maupun di gresik. Interaksi mereka dengan para pedagang dari arab, persia, dan gujarat lambat laun tidak hanya melibatkan kegiatan perdagangan. Tetapi juga agama dan keyakinan yang mereka anut.

Para pedagang asing yang beraga islam itu seringkali menghabiskan hari hari mereka untuk tinggal di sekitar pesisir yang mereka singgahi. Mereka terkadang tinggal untuk beberapa bulan, menunggu musim dan keadaan angin yang cocok untuk kembali ke asalnya.

2. Masuknya islam ke nusantara melalui kegiatan sosial

Kegiatan sosial yang memberikan andil besar dalam penyebaran agama islam di nusantara di antaranya adalah jalur perkawinan. Banyak sekali saudagar muslim dari arab yang menikah dengan perempuan golongan bangsawan. Sebelum di nikahi, mereka di islamkan terlebih dahulu. setelah perkawinan mereka, banyak keturunannya yang islam. Demikian juga yang terjadi di jawa, prabu brawijaya yang beragam hindu menikahi putri campa seorang muslimah. Dari perkawinan mereka lahirlah raden patah. Raja demak pertama yang berjasa besar dalam penyebaran islam di tanah jawa.

3. Masuknya islam ke nusantara melalui kegiatan pengajaran

Setelah terjadi jalinan hubungan yang erat antara para pedagang muslim dari arab, persia, dan gujarat dengan para penduduk nusantara yang bertempat tinggal di daerah pesisir dan banyak penduduk pribumi yang masuk islam. Para pedagang tersebut mendatangkan pengajar-pengajar (para ahli agama) dari negaranya masing-masing untuk mengajarkan agama islam.

Baca juga: Sejarah dan latar belakang pembentukan BPUPKI

Melalui kegiatan pengajaran tersebut islam dapat dengan mudah di mengerti dan tersebar dengan lebih cepat di nusantara. Setelah berdirinya kerajaan-kerajaan islam di nusantara dan jawa. Kegiatan pengajaran islam lebih di kembangkan lagi Hampir setiap sultan yang berkuasa memiliki perhatian yang tinggi terhadap pengembangan agama dan ajaran islam.

Demikianlah pembahasan mengenai sejarah masuknya islam di nusantara, semoga apa yang sobat baca dapat menjadi referensi dan pengetahuan yang bermanfaat, sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Banggalah terhadap dirimu sendiri, walaupun memang tak ada yang menyukai. Kadang, mereka itu membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.

Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat :D
EmoticonEmoticon