Pengertian dan rumus efek doppler pada gelombang bunyi

Pengertian dan rumus efek doppler pada gelombang bunyi - Halo sobat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi fisika kelas 12 yakni mengenai gelombang bunyi, yang mana materi ini berkaitan dengan pergerakan dari sumber bunyi terhadap pendengar relatif satu sama lainnya, biasa kita kenal dengan efek doppler.

Efek doppler merupakan kejadian dimana frekuensi gelombang yang ditimbulkan dari sebuah sumber yang diterima oleh pendengar mengalami perubahan sebagai akibat dari perubahan tempat atau posisi yang dilakukan oleh pendengar maupun sumber gelombang tersebut.

Fenomena efek doppler biasanya mudah kita amati pada mobil yang membunyikan sirinenya. Saat sebuah mobil mendekati kita, maka kita akan mendengar sirine tersebut berbunyi semakin tinggi. Namun ketika mobil tersebut pergi menjauhi kita, maka bunyi sirinenya perlahan-lahan mulai mengecil. Peristiwa inilah yang kemudian menjadi sebuah pengamatan oleh Christian johann Doppler (1803 - 1855) Sehingga fenomena tersebut diberikan nama menjadi efek doppler seperti yang kita kenal sekarang.

Efek doppler berbunyi "apabila suatu sumber bunyi dan pendengar saling mendekati maka akan menyebabkan frekuensi yang terdengar lebih besar dari frekuensi sumber bunyi. Apabila bergerak saling menjauh maka frekuensi  yang terdengar akan semakin kecil dan frekuensi sumber bunyi".

Secara matematis efek doppler dapat dirumuskan sebagai berikut:

Rumus efek doppler

Keterangan:


fp: Frekuensi pengamat (Hz)
fs: Frekuensi sumber bunyi (Hz)
V: Cepat rambat bunyi di udara (m/s)
Vp: Kecepatan pengamat
Vs: Kecepatan sumber bunyi

Tanda + Digunakan ketika pendengar bergerak mendekati sumber bunyi dan ketika sumber bunyi menjauhi pendengar.

Tanda - Digunakan ketika pendengar menjauhi sumber bunyi dan ketika sumber bunyi mendekati pendengar.

Sekian pembahasan mengenai pengertian dan rumus efek doppler pada gelombang bunyi, semoga artikel ini dapat menjadi referensi dan bermanfaat buat sobat, sekian dan terima kasih.

Banggalah terhadap dirimu sendiri, walaupun memang tak ada yang menyukai. Kadang, mereka itu membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.

Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat :D
EmoticonEmoticon