Isi kandungan surah al asr

Isi kandungan surah al asr, assalamualaikum sobat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kandungan dari surah al asr tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu. Waktu merupakan hal yang sangat penting, untuk itu marilah kita gunakan waktu yang ada untuk melakukan hal hal yang bersifat baik supaya kita tidak tergolong orang-orang yang merugi. Ayat al qur'an yang membicarakan tentang waktu serta menuntut ilmu adalah al asr yang tergolong dalam surah makiyah, diturunkan setelah surah al insyirah. Al asr artinya massa/waktu yang mengabarkan orang orang yang berada dalam kerugian kecuali orang orang yang beriman dan beramal saleh. Berikut ini lafal, arti, dan isi kandungan dari surah al asr.

Baca juga: Isi kandungan surah al humazah dan at takasur

1. Lafal dan terjemahan surah al asr ayat 1-3

Artinya: " Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, dan nasihat menasihati dalam kebenaran dan kesabaran." (QS Al Asr: 1-3).

2. kandungan surah al asr

Al asr artinya waktu. Allah swt bersumpah dengan memakai demi masa (demi waktu). Hal ini dikarenakan waktu telah banyak menunjukkan berbagai peristiwa dan kejadian tentang kekuasaan allah swt. Seperti adanya pergantian antara siang dan malam, gerhana matahari dan bulan, panas dan hujan dan lain sebagainya.

Coba kita melihat apa yang terjadi pada kehidupan ini silih berganti, ada bahagia dan ada sengsara, ada sehat ada sakit, kaya dan miskin, susah dan gembira, semuanya ada yang mengatur yaitu allah swt. Maka allah lah yang berhak disembah dan dimintai pertolongan.

Allah swt menjelaskan bahwa manusia merugi dalam amal perbuatannya, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh. Perbuatan manusia itu sendirilah yang merupakan sumber kesengsaraan baginya. Jadi sumber kesengsaraan itu bukan masa. Masa itu hanya wadah yang di dalamnya terdapat beberapa peristiwa baik atau buruk. Masa tidak bertanggung jawab atas musibah atau kesengsaraan yang menimpa manusia. Semua kemalangan adalah akibat dari perbuatan manusia sendiri.

Manusia yang beriman dan beramal saleh adalah orang yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, atau kebaikannya dapat dirasakan oleh orang lain. Disamping itu mereka saling berwasiat antar sesama agar berpegang pada kebenaran dan kebaikan, disamping itu mereka juga saling berwasiat dalam kesabaran (menahan diri untuk berbuat maksiat).

Demikianlah pembahasan mengenai isi kandungan surah al asr, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat sobat, sekian dan terima kasih

Banggalah terhadap dirimu sendiri, walaupun memang tak ada yang menyukai. Kadang, mereka itu membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.