Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli (Penjelasan Lengkap)

Pengertian budaya politik menurut para ahli - Halo sobat, sudah pada tau apa itu budaya politik ? nah untuk lebih memahami pengertian budaya politik pada kesempatan kali ini akan admin paparkan beberapa pengertian budaya politik menurut para ahli.

Budaya politik dapat dilihat dari aktivitas kelompok masyarakat yang dilakukan. Aktivitas kelompok masyarakat dapat berbeda dengan aktivitas kelompok masyarakat yang lainnya.

pengertian budaya politik


Pengertian budaya politik


Istilah politik seringkali kita dengar setiap hari, baik itu di media elektornik seperti berita di tv maupun media baca seperti koran dan buku pkn. Lalu, apa arti dari budaya politik ? Pada umumnya budaya politik diartikan sebagai pandangan politik yang memengaruhi sikap, orientasi, dan pilihan politik seseorang. Dengan kata lain budaya politik merupakan faktor yang mempengaruhi pola pengambilan keputusan-keputusan politik baik oleh masyarakat maupun oleh pemerintah.

Menurut kamus besar bahasa indonesia, budaya politik adalah pola sikap, keyakinan, dan perasaan tertentu yang mendasari, mengarakan dan memberi arti kepada tingkah laku dan proses politik dalam suatu sistem politik, mencakup cita-cita politik, ataupun norma yang sedang berlaku dalam masyarakat politik.

Berikut beberapa pendapat para ahli tentang budaya politik.

1. Austin Ranney

Budaya politik adalah seperangkat pandangan tentang politik dan pemerintahan yang dipegang secara bersama-sama satau sebuah pola orientasi terhadap objek-objek politik.

2.  Alan R. Ball

Budaya politik adalah suatu susunan yang terdiri atas sikap, kepercayaan, emosi dan nilai-nilai masyarakat yang berhubungan dengan sistem politik dan isu-isu politik.

3. Samuel Beer

Budaya politik merupakan salah satu konsep dari empat sistem penting dalam analisis politik yang menyangkut nilai-nilai keyakinan, sikap dan emosi tentang cara pemerintahan harus dilaksanakan dan hal-hal yang harus dilakukan pemerintah.

4. Rusadi Sumintapura

Budaya politik adalah pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh para anggota suatu sistem politik.

Berdasarkan uaraian diatas dapat disimpulkan bahwa budaya politik merupakan perwujudan nilai-nilai politik yang dianut oleh sekelompok masyarakat, bangsa, atau negara yang diyakini sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan politik kenegaraan.

Baca juga: Teori-Teori Geopolitik Menurut Para Ahli

Demikianlah artikel mengenai pengertian budaya politik menurut para ahli, semoga apa yang sobat baca di artikel ini dapat menambah pengetahuan dan pemahaman sobat tentang budaya politik. Oke sekian dulu, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli (Penjelasan Lengkap)"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel