Macam-macam qada dan qadar Allah Swt.

Macam-macam qada dan qadar Allah Swt. - Pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas secara lengkap mengenai pengertian Qada dan Qadar nah pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan yakni mengenai macam macam qada dan qadar allah swt. Qada dan qadar di dalam masyarakat luas biasa juga disebut dengan takdir. Qada dan qadar atau takdir Allah swt. pada dasarnya dapat di klasifikasikan menjadi dua, yaitu takdir mubram dan takdir muallaq, apa pengertian dari keduanya ? Berikut ini penjelasan mengenai takdir mubram dan takdir muallaq.

macam macam qada dan qadar
sumber: http://assalamsumbar.com

1. Takdir mubram


Secara bahasa takdir mubram berarti ketentuan yang telah diputuskan dan tidak dapat dielakkan atau dihindari. Sedangkan secara istilah adalah ketentuan allah swt. yang telah ditetapkan atau diputuskan dan pasti terjadi, yang tidak dapat diubah lagi, dan harus diterima dengan ikhlas.Contohnya kelahiran atau kematian seseorang, jenis kelamin, dan terjadinya hari kiamat. Allah swt berfirman yang artinya:

"Katakanlah 'aku tidak berkuasa mendatangkan kemudaratan dan tidak pula kemanfaatan kepada diriku, melainkan apa yang dikehendaki Allah.' tiap-tiap umat mempunyai ajal, apabila telah datang ajal mereka, maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak (pula) mendahulukan(nya)". (Q.S. Yunus:49)

2. Takdir mu'allaq


Secara bahasa takdir muallaq berarti ketentuan yang digantungkan atau dikaitkan. Sedangkan secara istilah adalah ketentuan dari Allah swt. yang masih ada kemungkinan untuk berubah dengan usaha, do'a, dan tawakkal manusia. Misalnya kaya/miskin, pintar/bodoh, dan lain sebagainya. Allah swt berfirman yang artinya:

"....Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri...." (Q.S. Ar Ra'd:11)

Nah itulah macam-macam takdir atau qada dan qadar allah swt yang perlu sobat ketahui. Cukup sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan sobat, sekian dan terima kasih.

0 Response to "Macam-macam qada dan qadar Allah Swt."

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel