Pengertian paragraf deduktif, induktif, dan campuran beserta contohnya

Pengertian paragraf deduktif, induktif, dan campuran beserta contohnya - Halo sobat jumpa lagi pada postingan kali ini, dimana pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas jenis jenis paragraf dan contohnya. Nah pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai pengertian paragraf berdasarkan letak gagasan utamanya yaitu paragraf deduktif, induktif, dan campuran.

Paragraf merupakan suatu kumpulan kalimat yang dirangkai sehingga menjadi satu kesatuan yang memiliki sebuah ide pokok/gagasan utama. Dalam sebuah paragraf pasti mempunyai gagasan utama, nah gagasan utama ini letaknya bisa berbeda-beda. Untuk lebih memahami letak gagasan utama dalam sebuah paragraf, berikut ini macam macam paragraf berdasarkan letak gagasan utamanya.

Pengertian paragraf deduktif, induktif, dan campuran


1. Paragraf Deduktif


Paragraf deduktif merupakan paragraf yang ide pokok/gagasan utamanya terletak di awal paragraf. Pada paragraf deduktif menjelaskan suatu masalah utama terlebih dahulu baru kemudian di ikuti oleh penjabaran hal-hal khusus yang ada di dalam paragraf. Untuk lebih memahami mengenai paragraf deduktif, berikut contohnya.

Contoh paragraf deduktif

Internet sangat berguna dalam mempermudah manusia mencari informasi. Berbagi informasi yang tersebar di seluruh penjuru dunia kini dapat kita liat dan kita akses dengan mudah melalui internet. Internet pada zaman ini bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan setiap orang karena banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan melalui internet. Diantaranya adalah mengakses berita dengan mudah, sarana belajar, sarana berkumpul (forum online), dengan adanya internet pula kita bisa mengakses peta, dan masih banyak lagi. Banyak sekali perangkat yang bisa kita gunakan dalam mengakses internet seperti laptop, hp, komputer, dan xbox.

2. Paragraf Induktif


Paragraf induktif merupakan paragraf yang ide pokok/gagasan utamanya berada pada akhir paragraf. Paragraf ini menggunakan pola induksi dimana hal-hal yang khusus terlebih dahulu dijabarkan, baru kemudian menampilkan gagasan utamanya di akhir atau bisa dibilang penjelasan dulu baru kesimpulan. Untuk lebih memahami paragraf induktif silahkan perhatikan contoh berikut ini.

Contoh paragraf induktif

Sampah yang dibuang masyarakat sembarangan dapat menimbulkan bencana, salah satunya banjir. Untuk itu perlu kesadaran dalam masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan seperti di selokan. Selain dapat menyebabkan banjir sampah juga dapat membuat lingkungan menjadi tidak sehat sehingga dapat mengundang berbagai macam penyakit. Perlu ada tindakan dari pemerintah/warga setempat melakukan sosialisasi kebersihan kepada masyarakat yang masih sering membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu menjaga kebersihan adalah suatu kewajiban bagi kita.

3. Paragraf campuran


Paragraf campuran adalah paragraf yang merupakan gabungan dari paragraf deduktif dan induktif, yakni menampilkan gagasan utama pada awal dan akhir paragraf. Jadi paragraf utama itu ditampilkan terlebih dahulu baru kemudian dilanjutkan dengan menjabarkan hal-hal khusus dan kemudian ditutup kembali dengan sebuah kesimpulan. Untuk memahami paragraf campuran perhatikan contoh berikut ini.

Contoh paragraf campuran

Naik motor tanpa helm sangat berbahaya bagi keselamatan. Namun sepertinya hal ini masih banyak dihiraukan oleh sebagian pengendara, padahal helm sangat penting untuk melindungi kepala dari benturan saat berkendara, selain itu memakai helm juga sudah merupakan aturan berkendara yang wajib selain sim. Itu sebabnya para polisi yang melakukan operasi juga menekankan dan memperingati pengendara yang tidak memakai helm. Oleh karena itu, memakai helm saat berkendara sangatlah penting.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian paragraf deduktif, induktif, dan campuran lengkap dengan contohnya. Semoga dengan membaca penjelasan diatas dapat menambah wawasan sobat mengenai paragraf berdasarkan letak gagasan utamanya. Oke cukup sekian pembahasan pada kesempatan kali ini, sekian dan terima kasih.

0 Response to "Pengertian paragraf deduktif, induktif, dan campuran beserta contohnya"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel