Manfaat tadarus al quran di bulan ramadhan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indoneia tadarus artinya membaca kitab suci al-qur’an secara bersama – sama di mesjid atau musholla pada bulan rhamadhan. Taarus al-qur’an adalah salah satu ibadah yang paling utama dibulan ramadhan selain berpuasa disiang harinya dan solat tarawih pada malamnya. Banyak sekali manfaat yang kita dapat dari tadarus al-qur’an, berikut diantaranya :

manfaat tadarus al quran

1.  Pahala yang semakin dilipat gandakan
Di bulan suci ramadhan semua amal ibadah yang dikerjakan manusia akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Termasuk membaca al-qur’an. Tak hanya membaca,  bahkan hanya mendengar dan  melihatnyapun kita akan diganjar pahala oleh Allah SWT. Jika kita sedang tadarus al-qur’an itu artiya kita sudah menjalankan semuanya. Satu huruf saja kita membaca al-qur’an, itu akan diganjar sepuluh kebaikan oleh Allah SWT. Sekarang coba kita bayangkan berapa huruf sudah kita membacanya saat tadarus al-qur’an. Semoga itu semua terhitung sebagai amal ibadah kita amieen.

2. Silaturrahmi dengan kerabat

saat kita tadusan di mesjid atau mushollaa, kita juga telah menyambung silaturrahmi dengan masyarakat, kerabat dan handaitolan yang ada disekitar rumah kita. Dengan begitu kita telah memperkuat ukhwah persaudaraan kita sebagai ummat muslim.

Baca juga: Doa sholat dhuha lengkap dengan terjemahannya 

3. Beribadah sambil rekreasi

Dengan bertemu dan saling berbagi cerita dengan teman – teman saat tadarusan itu juga bermanfaat untuk mengatasi stres dengan pekerjan yang telah kita jalani disiang harinya. Dengan begitu selain menjalankan ibadah, tadarus al-qur’an  juga punya hikmah sebgai sarana rekreasi menghilangkan stres bagi kita.

4. Menambah ilmu membaca al-qur’an

Tentunya dalam tadarus al-qur’an kita bisa bertemu dengan tokoh – tokoh masyarakat, para ustadz –ustadz, dan kiyai - kiyai yang ada di lingkungan tempat tinggal kita yang tentunya juga punya pengetahuan yang lebih mendalam tentang bagaimana membaca al-qur’an dengan baik dan benar. Dengan mengaji bersama beliau – beliau kita tentunya secara tidak sengaja juga akan diajarkan. Dengan begitu pengetahuan kita tentang tatacara membaca al-qur’an atau ilmu tajwid kita akan semakin bertambah.

5. Belajar tentang sikap terbuka dalam masyarakat

Saat kita saling menyimak dalam tadarusan itu juga punyai nilai tersendiri yang patut kita ambil hikmahnya. Yaitu keterbukaan dalam bermasyarakat. Dalam menjalani kehidupan bermasyarakat tentunya tidak lepas dari persoalan-persoalan yang amat banyak. Dari mulai yang sepele hingga yang amat rumit sekali. Dalam bergaul dalam masyarakat juga tentunya masing-masing  kita, tidak lepas dari khilaf dan salah.

Baca juga: Niat dan tata cara sholat hari raya idul fitri

Sama seperti saat kita membaca al-qur’an, jika ada kesalahan kita saling meluruskan satu sama lain. Sehingga bacaan kita menjadi baik dan benar. Begitu juga dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan benegara. Kita harus memiliki sikap keterbukaan, menerima nasihat dan keritikan agar jalan kehidupan kita tetap pada jalan yang lurus. Kita tidak boleh menutup telinga dalam hal itu. Karena manusia tidak bisa hidup sendiri. Tentunya dalam hidup kita juga membutuhkan masukan dan bantuan dari sesama.

Demikianlah Hikmah dan manfaat dari tadarus al qur'an di bulan ramadhan, semoga dengan membaca al quran kita senantiasa mendapat petunjuk dan rahmat ke jalan yang benar serta di ridhoi oleh allah swt. amin ya robbal 'alamin. Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat tadarus al quran di bulan ramadhan"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel