Pengertian karomah, ma'unah, dan irhas beserta contohnya

Pengertian karomah, ma'unah, dan irhas beserta contohnya - Halo sobat, setelah sebelumnya saya menjelaskan mengenai pengertian dan macam macam mukjizat beserta contohnya, pada kesempatan kali ini saya akan kembali mengulas mengenai kejadian-kejadian luar biasa selain mukjizat. Apa saja kejadian luar biasa tersebut, yang dimaksud kejadian luar biasa selain mukjizat yakni adalah karomah, mau'nah, dan irhas. Kejadian luar biasa tersebut diberikan kepada orang-orang yang dikehendaki allah. Mari kita bahas satu persatu, mulai dari pengertian serta contohnya.

Pengertian karomah, ma'unah, dan irhas


1. Pengertian Karomah

Pengertian karomah menurut bahas adalah kehormatan, kemuliaan, dan anugerah, sedangkan menurut istilah Karomah adalah kejadian yang luar biasa yang diberikan allah kepada hambanya yang saleh dan taat kepada allah. Orang saleh yang tinggi ketaatannya kepada allah disebut wali (wali allah).

Contoh karomah antara lain:
  • Hasan basri adalah seorang sufi, ketika al hajjas mencari dan hendak membunuhnya, ia bersembunyi di rumahnya. Para pengawal al hajjaj mencari kerumah hasan basri sebanyak enam kali. Setiap kali pengawal itu datang, hasan basri berdo'a memohon pertolongan kepada allah. Setiap kali itu pula pengawal-pengawal itu tidak melihat hasan basri, padahal mereka sudah berada di hadapan beliau.
  •  Diriwayatkan bahwa salah seorang sahabat rasulullah saw yaitu abu rihanah pergi berlayar. Dalam pelayaran itu ia menjahit di atas perahu. Tiba-tiba jarum yang ia gunakan jatuh ke dalam laut. Ia pun berdo'a " ya allah engkau maha kaya, kembalikanlah jarum itu kepadaku " setelah berdo'a jarum itu pun muncul di permukaan laut. Ia pun mengambilnya, tidak lama kemudian datang ombak yang amat besar dan mengerikan, abu rihanah berkata " ombak tenanglah " seketika itu ombak pun tenang.
  • Safinah adalah seorang pelayan rasulullah yang taat kepada allah dan rasulnya. Suatu saat ia bertemu dengan singa yang hendak menerkamnya. Lalu ia berkata kepada singa itu bahwa ia adalah utusan rasulullah untuk suatu keperluan, singa itupun berjalan menemaninya sampai tujuan.

2. Pengertian Ma'unah

Ma'unah adalah kemampuan yang luar biasa yang diberikan oleh allah kepada seorang mukmin untuk mengatasi suatu kesulitan. Ma'unah terjadi pada orang bisa berkat pertolongan allah.

Contoh ma'unah:
  • Seorang nenek terkurung dalam rumah yang terbakar. Nenek tersebut dapat membobol tembok yang kokoh, nenek tersebut akhirnya selamat dari amukan api. Menurut akal sehat tidak mungkin seorang nenek dapat membobol tembok yang kokoh, namun ini adalah kejadian luar biasa.

3. Pengertian Irhas

Irhas adalah kejadian yang istimewa yang terjadi pada diri seorang rasul.

Contoh Irhas antara lain:
  • Sebelum diangkat menjadi rasul misalnya kejadian yang di alami oleh muhammad saw. Ketika beliau dalam perjalanan untuk berniaga ke negeri syam. Beliau selalu di ikuti dan di payungi oleh awan 
  • Nabi isa as sebelum menjadi nabi sudah memiliki tanda-tanda kenabian. Ia dilahirkan tanpa ayah, dan masih bayi sudah bisa berbicara dengan jelas dan tegas.
  • Nabi ibrahim as ketika masih bayi  disembunyikan dalam gua dalam waktu yang cukup lama untuk menyelamatkannya dari kejaran para prajurit raja namrud yang akan membunuh setiap bayi yang lahir laki-laki. Ibrahim yang masih bayi itu tetap hidup dengan sehat dan selamat dari kejaran prajurit raja namrud dan gangguan binatang buas.

Selain ada kejadian yang luar biasa tapi bukan atas pertolongan allah melainkan pertolongan setan. Kejadian luar biasa tersebut adalah sihir. Sihir biasanya digunakan untuk maksud-maksud jahat, sihir dapat dipelajari atau di kalahkan.

Demikianlah pembahasan kita pada kesempatan kali ini mengenai pengertian karomah, ma'unah, dan irhas lengkap dengan contohnya, semoga apa yang kita pelajari disini dapat bermanfaat bagi sobat, sekian dan terima kasih.

Banggalah terhadap dirimu sendiri, walaupun memang tak ada yang menyukai. Kadang, mereka itu membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.

Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat :D
EmoticonEmoticon