Kedudukan Kitab-Kitab Allah Swt Sebagai Pedoman Hidup

Kedudukan Kitab-Kitab Allah Swt - Pada dasarnya, semua kitab suci mengajarkan ketauhidan kepada Allah swt. dan merupakan pedoman kehidupan, baik dalam hubungan dengan Allah swt., sesama manusia, maupun alam semesta. Kitab suci tersebut diturunkan kepada para nabi dan rasul sesuai dengan zamannya, kecuali al qur'an yang diturunkan kepada nabi Muhammad Saw. berlaku untuk semua umat, sepanjang masa, dan menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Kedudukan Kitab-Kitab Allah Swt


Untuk itu, adapun kedudukan kitab-kitab suci tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kedudukan kitab suci dalam hubungannya dengan Allah swt.

Berhubungan dengan Allah swt., kedudukan kitab suci merupakan pedoman dan aturan yang menjelaskan bagaimana manusia bisa bertauhid dengan benar dan dapat beribadah dengan baik. Bertauhid dengan benar, maksudnya dalam meyakini dan mengimani Allah swt, tidak bercampur dengan hal-hal yang bersifat musyrik. Sedangkan beribadah dengan baik maksudnya melakukan berbagai perintah Allah swt. sebagai bentuk penghambaan terhadap Alla swt.. Keterangan tersebut sesuai dengan firman Allah swt. dalam surah An Nisa ayat 136.

2. Kedudukan kitab suci dalam hubungannya dengan sesama manusia

Manusia sebagai makhluk sosial selalu berinteraksi dengan lingkungannya. Dalam berinteraksi, manusia memerlukan pedoman hidup agar tidak tersesat dan tidak keliru dalam memilih jalan hidupnya yang dapat mendatangkan kerugian  dan kesengsaraan, baik di dunia maupun di akhirat. Untuk itu diperlukan suatu pedoman. Pedoman yang baik adalah pedoman yang dibuat oleh pencipta alam, yaitu kitab suci. Sebagaimana dalam firman Allah swt dalam surah Saba' ayat 28.

3. Kedudukan kitab suci dalam hubungannya dengan alam semesta

Alam semesta diciptakan Allah swt. untuk kepentingan umat manusia. Manusia dalam kehidupannya sangat membutuhkan lingkungan yang segar. Tanpa udara yang segar manusia akan sulit bernafas dengan baik. Tanpa alam yang bersahabat, manusia berada dalam malapetaka yang besar. Oleh karena itu, manusia memerlukan pedoman yang dapat mengatur bagaimana seharusnya berhubungan dan memperlakukan alam ini.

Nah, demikianlah sajian mengenai kedudukan kitab - kitab Allah swt. sebagai pedoman hidup manusia. Semoga Sajian ini senantiasa dapat dimengerti dan dipahami untuk menambah wawasan pengetahuan, sekian artikel pada kesempatan kali ini dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Kedudukan Kitab-Kitab Allah Swt Sebagai Pedoman Hidup"

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel