Pengertian pantun, syair, gurindam dan puisi beserta ciri dan contohnya

Pengertian pantun, syair, gurindam dan puisi beserta contohnya - Dalam dunia bahasa indonesia, kita mengenal berbagai macam karya sastra yang diciptakan oleh pengarang. Dan karya sastra ini sangat banyak fungsinya misalnya saja puisi yang berfungsi untuk mengekspresikan ungkapan hati, serta fungsi lain dari karya sastra. Nah dalam kesempatan kali ini kita akan membahasan mengeni pantu, syair, gurindam, serta puisi yang merupakan karya sastra yang sangat populer sepanjang masa dan bahkan sampai sekarang ini masih digunakan para sastrawan maupun kalangan muda untuk mengekspresikan ungkapan jiwa.

Lalu apa pengertian dari pantun, syair, gurindam, beserta puisi ? berikut ini akan kita bahasa, silahkan baca dan pahami dengan seksama.

Pengertian pantun, syair, gurindam dan puisi


1. Pengertian pantun

Pantun merupakan salah satu karya sastra melayu yang sampai sekarang masih dikembangkan. Kata pantun mempunyai arti ucapan yang teratur, pengarahan yang mendidik. Pantun juga dapat berarti sindiran. Pantun memiliki ciri-ciri antara lain:
  1. Mempunyai bait dan isi,
  2. Setiap bait terdiri atas baris-baris,
  3. Jumlah suku kata dalam tiap baris antara delapan sampai dua belas,
  4. Setiap bait terdiri atas dua bagian, yaitu sampiran dan isi,
  5. Bersajak a-b-a-b
Contoh:

Desa sawah mulai menghijau
di tengah ada pematang
Apa arti bertindak maju
kalu tanpa pemikiran matang

2. Pengertian syair

Awal mula syair berasal dari Arab yang artinya puisi atau sajak. Syair merupakan bentuk puisi lama yang tiap bait terdiri atas empat larik. Syair bersajak rata atau a-a-a-a. Pada umumnya syair merupakan rangkaian kisah yang panjang. Semua baris merupakan isi dan biasanya tidak selesai dalam satu bait karena digunakan untuk menceritakan sesuatu.

Perhatikan contoh syair berikut.

SYAIR PERAHU
Karya: Hamzah Fansuri

Inilah gerangan suatu madah
Mengarang syair terlalu indah
Membetuli jalan tempat berpindah
Di sanalah iktikat diperbetuli sudah

Wahai muda, kenali dirimu
Ialah perahu tamsil hidupmu
Tiadalah berapa lama hidupmu
Ke akhirat jua kekal hidupmu

Hai muda arif budiman
Hasilkan kemudi dengan pedoman
Alat perahumu jua kerjakan
Itulah jalan membetuli insan

Perteguh jua alat perahumu
Hasilkan bekal air dan kayu
Dayung pengayuh taruh disitu
Supaya laju perahumu itu

Sudahlah hasil kayu dan ayar
Angkatlah pula sauh dan layar
Pada beras bekal jantanlah takdir
Niscaya sempurna jalan yang kabir

3. Pengertian gurindam

Gurindam termasuk dalam karya sastra lama jenis puisi berirama. Gurindam disebut juga sajak peribahasa. Gurindam terdiri atas dua baris yang berirama. Baris pertamanya umumnya berupa sebab (hukum atau pendirian), sedangkan baris kedua merupakan jawaban atau dugaan. Sebenarnya gurindam bukan kreasi rakyat nusantara (melayu), namun puisi yang berasal dari india (Tamil), ciri-ciri gurindam antari lain sebagai berikut.
  • Terdiri atas dua baris
  • Rumus rima akhir sama (aa).
  • Baris pertama merupakan syarat, dan baris kedua berisi akibat yang telah disebutkan dalam baris pertama.
  • Gurindam biasanya berisi ajaran baik, budi pakerti, nasihat, dan agama.

Contoh gurindam Dua belas karya Raja Ali Haji.

Gurindam pasal yang kedua

Barang siapa mengenal yang tersebut,
tahulah ia makna takut
Barang siapa meninggalkan sembahyang,
seperti rumah tiada bertiang
Barang siapa meninggalkan puasa,
tidaklah mendapat dua temasya
Barang siapa meninggalkan zakat,
tiadalah hartanya beroleh berkat
Barang siapa meninggalkan haji,
tiadalah ia menyempurnakan janji.

4. Pengertian puisi

Puisi merupakan salah satu bentu karya sastra yang mempunyai ciri-ciri tertentu. Ciri-ciri sebuah puisi yaitu sebagai berikut.
  • Rima: Rima merupakan pola sajak atau persamaan bunyi pada larik suatu puisi. Rima menurut letaknya dibagi menjadi rima awal, tengah, dan akhir.
  • Irama: Irama juga dapat berarti pergantian, keras lembut, atau panjang pendek kata secara berulang-ulang dengan tujuan menciptakan gelombang yang memperindah puisi.
  • Pilihan kata: Kata-kata yang dipasangkan dengan kata-kata tertentu sehingga menimbulkan suasana yang lebih sesuai.
  • Makna kata: Makna kata di dalam puisi dibagi dua yaitu makna denotasi dan makna konotasi. Kata 'Pagiku hilang sudah melayang', kata 'Pagiku' bermakna konotasi yaitu masa muda.

Baca juga: Macam macam penokohan / perwatakan dalam drama

Nah demikianlah penjelasan mengenai pantun, syair, gurindam, dan puisi beserta contohnya. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan dan pemahaman sobat mengenai macam macam karya sastra dalam  bahasa indonesia. Sekian postingan pada kesempatan kali ini, terima kasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat.

Contoh teks / naskah drama singkat 5 orang

Contoh teks / naskah drama singkat 5 orang - Drama merupakan jenis karya yang menggambarkan kehidupan manusia melalui gerak gerik yang dimainkan oleh tokoh-tokoh/pemeran. Dalam bermain drama tentunya dibutuhkan kekompakan dari setiap pemain, akting yang jago dari setiap pemain/pemeran, serta didukung dengan properties yang sesuai dan ilustrasi yang sesuai dengan tema.

Untuk membuat penampilan drama menjadi bagus dan enak ditonton tentunya harus membutuhkan latihan yang terus menerus dilakukan sampai dirasa sudah cukup siap untuk menampilkan drama. Nah yang tak kalah pentung juga adalah pengahafalan naskah drama yang dibawakan supaya saat memulai drama tidak terjadi kesalahan / lupa naskah.

Baca juga: Macam macam penokohan / perwatakan dalam drama

Nah, untuk naskah sendiri bisa sobat buat sesuai keinginan, namun jika sobat bingung dan membutuhkan referensi naskah drama, maka berikut ini akan admin bagikan contoh naskah drama singkat untuk lima orang yang bisa sobat jadikan naskah untuk bermain drama. Baiklah langsung saja berikut ini naskah dramanya.

contoh teks drama singkat


Teks drama “pencuri kotak amal”

Pada suatu hari di sebuah jalan raya, terlihat seorang sedang meminta-minta dan orang tersebut ternyata adalah seorang pengemis.

Pengemis  : Bang, minta uangnya bang, udah 3 hari belum makan, tolong bang.

Bang bull  : Apaan ngemis-ngemis, masih sehat ngemis ?

Pengemis  : Tolong bang kasihani saya bang !

Bang bull  : Halah pergi sono, kamu kira mudah cari uang ?

Dilain tempat ada seorang preman yang ingin mencuri kotak amal, tetapi tercyduk oleh, marbot masjid.

Preman    : Ah laper banget, mana uang habis pake taruhan.

Marbot    : Bang gelisah aja, biar tenang kita solat bareng ke masjid yok ?

Preman    : Duluan bot

Marbot    : iya, saya duluan kalo gitu.

Marbot berjalan ke masjid dan preman tersebut mengikutinya lalu melihat kotak amal, saat marbot sedang wudhu sang preman mengambil kotak amal tersebut.

Preman    : Wah, ada kotak ama, kebetulan lagi bokek, sikat aja.

Marbot    : Woy maling, berhenti loe !!

Si preman kabur dan membawa kotak amal dan si marbot mengejarnya sambil berteriak, si bang bull mendengarnya dan ikut mengejar.

Marbot     : Nah, ketangkap juga lu.

Preman     : Ampun bang, ampun.

Bang bull : Udah sikat aja orang kayak gini tak perlu dikasihani.

Marbot     : Kita bawa saja ke kantor.

Bang bull : eleh banyak bacot,

Ustad pun datang dan menceramahi mereka.

Ustad       : hey-hey sudah jangan main hakim sendiri, itu tidak baik, lebih baik serahkan saja ke pihak yang berwajib.
Bang bull : Baiklah ustad saya setuju, maaf.

Ustad       : Kamu sebagai manusia tidak sepantasnya menjadi preman dan mencuri karena itu
perbuatan yang tidak baik, allah sangat membenci itu dan jika kamu terus melakukannya dosa kamu akan menumpuk ingat itu.

Preman    : Ampun pak ustad saya khilaf

Ustad       : Minta apun kepada allah dan bertobatlah kau segera.

Kemudian mereka membawa preman tersebut ke kantor polisi untuk di hukum sesuai dengan pelanggaran yang telah ia lakukan.


Nah, itulah teks drama singkat 5 orang yang bisa sobat jadikan naskah dalam memainkan drama sobat, oke semoga artikel yang sobat baca ini dapat bermanfaat buat sobat, sekian dan terima kasih atas perhatiannya sampai jumpa lagi di pembahasan berikutnya.

Kumpulan kata-kata ucapan selamat tahun baru 2018

Kata ucapan selamat tahun baru 2018 - Halo sobat, kini kita sudah berada di penghujung akhir bulan desember, seperti biasa setiap tahun kita selalu kedatangan tahun baru dan sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2017 dan akan memasuki tahun baru 2018. Tentu saja di tahun baru ini banyak sekali resolusi kita, keinginan kita, serta target yang ingin kita capai di tahun depan. Apakah sobat sendiri sudah menentukan resolusi di tahun 2018 ? patut kita nantikan.

Namun tak lupa juga kita ambil semua pelajaran serta pengalaman yang telah kita dapatkan di tahun-tahun sebelumnya sebagai bahan untuk instropeksi diri agar dapat menjadi lebih baik lagi di tahun 2018 mendatang.

Terlepas dari itu, dalam memasuki tahun baru 2018 tentu tak akan luput dari berbagai perayaan, dan yang terkenal adalah perayaan malam tahun baru serta hitung mundur menuju tahun baru 2018. Namun tentu tak semua orang bisa merayakan tahun baru entah karena kesibukan dan lain sebagainya. Namun bagi sobat yang tidak dapat merayakan langsung tahun baru tersebut, sobat bisa merayakannya dengan mengirim kata kata ucapan selamat tahun baru 2018, baik secara langsung maupun lewat status fb, mengirim sms ucapan tahun baru 2018, dan bisa lewat sosial media lainnya. Nah untuk itu berikut ini kami sajikan kumpulan ucapan selamat tahun baru 2018.

ucapan selamat tahun baru 2018


"Inilah saatnya untuk melupakan masa lalu dan merayakan awal yang baru. Selamat Tahun Baru".

"Di satu tahun yang baru ini, Semoga impian Anda menjadi kenyataan dan semoga Tuhan mencurahkan cinta dan perhatian untuk Anda".

"Mimpi baru, harapan baru, pengalaman baru dan kegembiraan baru, berharap cinta baru :D Selamat Tahun Baru".

"Tahun-tahun datang, dan Tahun-tahun berlalu, tapi persahabatan kami telah teruji waktu, berharap yang terbaik di tahun yang baru ini".

"Mengharapkan senyummu menjadi lebih besar lagi di tahun 2018, Selamat Tahun Baru".

"Tahun baru adalah kesempatan untuk membuat permulaan baru dan melepaskan penyesalan lama. Selamat Tahun Baru".

"Semoga tahun baru ini membawa harapan baru, aspirasi baru, kegembiraan baru dan dan kesuksesan baru dalam perjalanan hidup Anda, selamat tahun baru 2018".

"Semoga hari-hari di tahun baru Anda menjadi secerah sinar matahari dan sekuat sinar bulan, happy new year 2018".

"Mari kita merayakan Tahun Baru yang penuh sukacita, ceria, penuh warna ini. dengan senyuman.Selamat tahun baru".

"Semoga semua keinginanmu terpenuhi di tahun 2018. Selamat Tahun Baru!".

"Ini tahun baru. Buang semua kekhawatiran dan bersiaplah menikmati setiap tahun yang akan datang".

"Tahun baru berdiri sebelum kami, seperti sebuah bab dalam sebuah buku, menunggu untuk ditulis. Kami dapat membantu menulis cerita itu dengan menetapkan cita-cita".

"Pada Tahun Baru ini, saya berharap Anda memiliki bulan Januari yang luar biasa, bulan Maret yang mengasyikkan, sebuah Bulan yang Damai, Mei yang sensasional, dan sukacita yang terus berlangsung dari bulan Juni sampai November, dan kemudian berlanjut dengan bulan Desember yang cerah".

"Semoga tahun ini membawa kebahagiaan baru, tujuan baru, prestasi baru dan banyak inspirasi baru dalam hidup Anda. Semoga Anda penuh dengan kebahagiaan".

"Semoga setiap tahun di tahun baru dipenuhi dengan kesuksesan, kebahagiaan dan prospek bagi Anda, selamat tahun baru".

"Belajar dari kemarin, hidup hari ini, berharap untuk besok, happy new year".

"Ada hal-hal yang lebih besar untuk dapat dicapai dalam setiap tahun baru, dan setiap orang harus mempersiapkan diri untuk menjadi besar, bukan oleh kata-kata dari mulut, tetapi dengan banyak bertindak."

"Sama seperti bunga yang baru mekar, menyebar aroma dan kesegaran di sekitar...
Mungkin tahun baru menambahkan keindahan dan kesejukan ke dalam hidup Anda.
Selamat Tahun Baru!".

"Sebelum kalendar berubah, sebelum situs jaringan sosial dibanjiri dengan pesan, sebelum jaringan selular macet, biarkan aku mengambil saat-saat tenang berharap ada yang indah, bahagia, sehat dan makmur, selamat tahun baru!".

"Selamat Tahun Baru! Mungkin tahun baru membawa kehangatan cinta dan cahaya untuk membimbing jalan Anda menuju tujuan yang positif".

"Seperti tahun ini berakhir, saya berharap semua negativitas dan kesulitan juga berakhir dengan tahun ini dan 2018 membawa kesuksesan dan hasil yang anda inginkan".

"Happy New Year untuk Anda! Berharap tahun ini membawa kehangatan cinta dan menerangi jalan Anda dari kehidupan negatif menuju arah yang positif".

"Dear tahun baru, tolong beritahu saya, keluarga saya, rekan, klien saya, dan teman-teman, saya hanya senang saat ini".

"Tahun Baru telah tiba. Inilah saatnya melihat ke masa depan dengan optimisme, tapi jangan lupakan pelajaran berkesan yang di pelajari pada tahun-tahun sebelumnya".

"Inilah saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal pada tahun 2017 dan selamat datang 2018 dengan tangan terbuka. Semoga Anda menikmati kesenangan dan kebahagiaan. Selamat Tahun Baru".

"Semoga tahun baru ini membawa kehangatan, cinta dan cahaya untuk membimbing jalan menuju tujuan yang positif".

"Akhiri setiap tahun dengan beberapa pelajaran bagus dan mulailah yang baru dengan menunjukkan bahwa Anda telah mempelajari pelajaran dari masa lalu dengan baik".

"Satu tahun kesuksesan dan kebahagiaan telah berlalu. Dengan setiap tahun baru muncul tantangan dan hambatan yang lebih besar dalam hidup. Saya berharap Anda memiliki keberanian, harapan dan keyakinan untuk mengatasi semua rintangan yang mungkin Anda hadapi. Semoga Anda memiliki tahun yang menyenangkan dan masa depan yang indah".

"Berharap Anda sukses selama 12 bulan, tawa selama 52 minggu, hiburan 365 hari menyenangkan, kesenangan 8760 jam, 525600 menit keberuntungan dan 31536000 detik kebahagiaan".

"Saya sudah menunggu 365 hari untuk mengatakan "Selamat Tahun Baru" karena saya sangat senang mengatakannya tahun lalu. Selamat Tahun Baru teman".

"Tuliskan di hatimu bahwa setiap hari adalah hari terbaik di tahun ini."

"Semoga Anda sukses di tahun 2018 dan mencapai semua tujuan yang telah Anda tetapkan".

"Tahun Baru tiba dengan harapan dan ini memberi kita keberanian dan keyakinan baru untuk sebuah awal yang sangat baru. Selamat tahun baru".

"Ketika Tahun Baru tiba, ia membawa ide dan harapan baru bagi kita untuk membuat hidup kita menjadi lebih baik dan lebih baik. Selamat Tahun Baru !".

"Tujuan Baru, Mimpi Baru, Prestasi Baru Segalanya Menunggu Anda. Lupakan Kegagalan. Perbaiki kesalahanmu. Tentunya Sukses adalah milikmu. Selamat Tahun Baru 2018".

"Kembang api dan hitung mundur yang terkenal sampai tengah malam. Hal-hal yang membuat setiap malam tahun baru semuanya spesial. Selamat Tahun Baru!".

"Anda tahu apa yang paling saya sukai dari merayakan Tahun Baru? Bahwa saya bisa menggunakan ungkapan "Sampai jumpa tahun depan!" Selamat Tahun Baru!".

"3 ... 2 .... 1 .... Tunggu, apa yang harus saya tulis sesudahnya? Oh iya, HAPPY NEW YEARS !!!".

"Selamat Tahun Baru! Tunggu, apa aku seharusnya menulis lebih banyak ?! Maaf, saya kehilangan kata-kata!".

"Apakah Anda siap untuk hitung mundur yang paling terkenal di seluruh dunia? Tahun Baru akan datang! Dan 10, 9, 8, .... 3, 2, 1 .... SELAMAT TAHUN BARU!!!".

Nah itulah beberapa kumpulan ucapan tahun baru yang bisa sobat jadikan status fb, bbm, sms, dan lain-lain. Sebelum menutup artikel ini saya juga mengucapkan "Happy new year" buat sobat semoga ditahun depan semua target yang belum tercapai di tahun 2017 dapat tercapai di tahun 2018.

Demikianlah artikel yang dapat admin sajikan pada kesempatan kali ini, sekian dan terima kasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat.

Contoh surat lamaran pekerjaan tulis tangan yang baik dan benar

Contoh surat lamaran pekerjaan - Sebagai syarat untuk masuk dan bekerja di sebuah perusahaan, instansi, atau tempat-tempat kerja pada umunya harus menggunakan surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran pekerjaan berguna untuk membantu perusahaan atau instansi melihat profil sobat.

Surat lamaran pekerjaan ada dua macam, yaitu surat lamaran yang didasarkan pada iklan atau sumber informasi tertentu dan surat lamaran yang disusun atas inisiatif sendiri. Tentu, saat menulis pembuka isi surat lamaran kedua jenis tersebut bebeda.

contoh surat lamaran pekerjaan


Selain itu, berdasarkan cara penulisannya ada dua macam surat lamaran, yaitu:

1. Lamaran yang disatukan dengan riwayat hidup.
2. Lamaran yang dipisahkan dengan riwayat hidup.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan, antara lain sebagai berikut.

1. Lamaran pekerjaan sebaiknya ditulis dengan tangan  berhuruf latin (ada juga perusahaan yang mengharapkan diketik rapi dengan komputer).
2. Tulisan harus rapi dan bersih, serta jangan sampai ada coretan.
3. Lamaran sebaiknya ditulis dengan kertas HVS (minimal 60 gram dengan jarak spasi 1 1/2 spasi), putih, dan bersih. Bila sulit mendapatkannya bisa juga dengan kertas polio bergaris.
4. Surat lamaran harus ditulis dengan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
5. Isi surat harus meyakinkan bahwa anda sanggup melaksanakan pekerjaan itu dengan baik.
6. Perhatikan alamat, tempat, dan tanggal penulisan surat lamaran. Jangan lupa mencantumkan nomor telepon agar sewaktu-waktu mudah dihubungi bisa ada panggilan kerja atau lamaran kerja sobat dikabulkan.

Nah, agar tidak bingung dan agar sobat lebih memahami tentang surat lamaran pekerjaan, berikut ini saya berikan contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa sobat tulis tangan dengan baik dan benar.


Lombok, 20 November 2017
Lampiran: Delapan lembar
Perihal: Permohonan menjadi karyawan

Yth. Kepala Personalia
PT Mulia Jaya
Jalan Sungai Sambar 52
Lombok Timur

Dengan hormat,
Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di harian Medan Post tanggal 20 November 2017, PT Mulia Jaya membutuhkan lima orang karyawan dalam bidang pemasaran. Sesuai dengan bidang pekerajaan tersebut, dengan ini saya,

nama : Abdullah harahap
tempat, tanggal, lahir : Lombok, 25 agustus 1990
pendidikan : SMA
alamat : Jalan Sungai Asahan 17, Lotim

Mengajukan permohonan untuk menjadi karyawan di bidang pemasaran. Adapun kualifikasi yang saya miliki sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.
Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan berkas-berkas sebagai berikut.

1. Fotokopi ijazah.
2. Fotokopi sertifikat kursus komputer.
3. Fotokopi kartu tanda penduduk (KTP).
4. Surat keterangan pengalaman kerja.
5. Foto hitam putih 3x4 dua lembar.
6. Fotokopi kartu kuning dari depnakertrans.

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya ajukan. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya


Abdulla Harahap


Baca juga: Contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris

Setelah membaca contoh surat lamaran pekerjaan diatas, saya harap sobat dapat memahami materi ini dan bisa membuat surat lamaran pekerjaan sendiri.

Demikianlah pembahasan kita pada kesempatan kali ini semoga apa yang sobat baca dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih atas perhatiannya, see you.

Contoh surat lamaran kerja dalam bahasa inggris

Contoh surat lamaran kerja dalam bahasa inggris - Halo sobat, jumpa lagi di blog teropong pelajar. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris. Setiap orang pasti membutuhkan pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Dan diluar sana ada banyak sekali pekerjaan yang bisa diambil sesuai dengan minat dan kemampuan.

Poin penting yang harus dilakukan sebelum masuk di sebuah perusahaan atau tempat kerja adalah surat lamaran pekerjaan. Karena surat lamaran kerja adalah syarat untuk mendaftarkan diri ke sebuah instansi atau perusahaan. Nah pada penjelasan ini yang akan saya bagikan adalah surat lamaran kerja bahasa inggris. Sebelum masuk ke contoh silahkan simak penjelasan mengenai surat lamaran kerja berikut (dalam bahasa inggris).


surat lamaran kerja bahasa inggris

Part of the application letter (bagian-bagian surat)

1. Heading

The heading of an application letter contains street, city, post code, and date. Be sure to use a comma after the day of the month.

2. Inside address

The inside address is a name of the firm or company you are going to apply for slide. It has the same address you write in the envelope.

3. Salutation

The salutation are often made just under the inside address on the left side. The usual salutations are as follows:
  • Dear Sirs, : to firm a company
  • Dear Sir, : to man when you don't know his name
  • Dear Madam, : to woman if you don't know her name
  • Dear Mr. Adnan : to man if he is well know to you
  • Dear Ms. Winda : to a married or unmarried woman
  • Dear Mrs. Winda : to a married woman
  • Dear Miss Anna : to an unmarried woman

4. The body of letter

The body of an application letter contains the statement referring to the advertisement, describing your experience (if you have), describing you qualification and explaining why you apply for. Always remember that your statement should be clear and courteous to read.

5. Closing

The usual ending for an application letter is "your faithfully". It is the form that is most frequently used. In more personal letters, you used yours sincerely.

6. Signature
7. Applicant's Name
8. Enclosure (if any)

Setelah membaca dan memahami penjelasan di atas langsung saja kita ke contoh surat lamaran kerja bahasa inggris berikut ini.


Alicia Pearson
7921 21st ST. W.
Seattle, WA.
E: alicia.pearson@gmail.com

July 21th, 2017

Ms. Cassandra Wood
Editor in chief
Seattle times
1000 Denny Way
Seattle, Washington 98109

Dear Ms. Wood
I am writing to apply for a summer work-experience position at the Seattle Times. I read the Times as often as possible for its high-quality, original reporting and, given my enthusiasm, diligence, and editorial experience, I would provide a fresh perspective to the newspaper.

My time with publications such as the Husky Herald has given me valuable experience in print media. Having worked at the Herald as a copy editor, staff writer, section editor, managing editor, and now editor-in-chief, I have exposed myself to a variety of responsibilities and challenges. I understand the pressures of writing and editing under deadline, I can give and receive orders, I can write and edit articles in different tones, style, and genres, and I can work with and lead a group. Most important, I have learned that I enjoy working in a creative journalistic environment, in both and editing and a writing capacity. The two inform each other and, since I enjoy and practice both, I feel in a capable position to pursue them equally.

I Know I would both learn from and contribute to the Seattle Times as an intern. I would relish the opportunity to work for you this summer. Enclosed is a copy of my resume for your review. Thanks for your time, and I look forward to hearing from you.

Sincerely yous,

Alicia Pearson

Baca juga: Contoh discussion text beserta generic structure nya

Nah, demikianlah contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris, semoga dengan membaca dan memahami penjelasan dan contoh diatas dapat semakin menambah pengetahuan dan wawasan sobat mengenai application letter. Oke mungkin cukup sekian dulu pembahasan pada kesempatan kali ini, sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Contoh kata pengantar makalah yang baik dan benar

Contoh kata pengantar makalah - Sebuah makalah, proposal, karya ilmiah, skripsi, dan laporan haruslah mempunyai sebuah kata pengantar. Karena kata pengantar itu sangat penting dalam sebuah makalah atau laporan. Sebab kata pengantar berfungsi untuk mengantarkan para pembaca dalam sebuah karya, memberikan sedikit arahan kepada pembaca seperti halnya menanggapi sebuah karya, serta memberi kritik dan saran.

Bagi sobat yang akan membuat sebuah karya, maka kata pengantar jangan terlewatkan karena sekali lagi sebuah karya yang bagus juga dilengkapi dengan kata-kata dari penulisnya. Namun bagi sebagian orang yang tidak biasa menulis kata penghantar, pasti akan kebingungan dalam membuat kata penghantar. Nah, berikut ini akan saya sajikan contoh-contoh kata pengantar yang bisa sobat pilih sebagai kata pengantar dari karya yang sobat buat.

contoh kata pengantar


Contoh kata pengantar 1

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang, yang telah melimpahkan berbagai macam nikmat, rahmat, hidayah, serta inayah-Nya kepada kita, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang permainan sepak bola dengan lancar dan alhamdulillah tidak terlalu menemukan kendala.

Makalah ini kami buat dan kami susun dengan semaksimal mungkin dengan bantuan dari berbagai pihak dan berbagai sumber sehingga mempermudah dalam pembuatan makalah. Kami sangat menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembuatan makalah ini.

Terlepas dari itu, kami menyadari bahwa sekiranya masih ada kekurangan dalam pembuatan makalah ini dilihat dari berbagai sisi, untuk itu kami mohon kritik dan saran dari pembaca agar bisa kami perbaiki sehingga menjadi makalah yang sempurna.

Akhir kata semoga makalah tentang permainan sepak bola ini dapat bermanfaat buat pembaca, sekian dan terima kasih.

Lombok, 20 november 2017

Penyusun

Contoh kata pengantar 2

Puji syukur atas kehadirat Tuhan yang maha Esa, atas segala nikmat, rahmat, dan karunianya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Tanpat pertolongannya mungkin kami tidak bisa menyelesaikan makalah ini dengan baik.

Kami sangat berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah ikut berkontribusi dalam pembuatan makalah ini, dan kami sangat berharap makalah ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan pembaca. Untuk kedepannya kami mohon kritik dan saran supaya makalah ini dapat lebih baik lagi.

Akhir kata, sekian dan terima kasih.

Lombok, 20 november 2017

Penyusun

Contoh kata pengantar 3

Segala puja dan Puji hanya milik allah SWT. semata, yang telah melimpahkan rahmat-nya kepada kita sekalian kshusunya kepada penulis yang mana dengan selesainya penyusunan bahan bahan kultum sebagai kegiatan ekstrakulikuler, baik di pondok pesantren maupun di sekolah.

Dengan semaraknya dan memasyarakatkan kegiatan kultum ini penulis ingin mencoba menyusun bahan-bahan kultum karena selama ini belum ada buku-buku yang memuat bahan-bahan kultum (kuliah tujuh menit).

Penulis menyadari akan kelemahan, sehingga tidak menutup kemungkinan terdapat kesalahan-kesalahan, oleh karena itu tegur sapa yang konstruktif dari semua pembaca sangatlah kami hargai dan kami harapkan demi perbaikan kita bersama.

Mudah-mudahan buku yang ada di tangan para pembaca ini akan membawa manfaat, dan mampu meningkatkan kreatifitas kita dalam mensukseskan kegiatan ekstrakulikuler.

Lombok, 20 november 2017

Penyusun

Baca juga: Jenis-jenis paragraf lengkap dengan contohnya

Demikianlah contoh kata pengantar makalah yang baik dan benar, semoga dengan membaca artikel diatas dapat menambah wawasan sobat mengenai kata pengantar dan sobat bisa lebih mudah dalam membuat kata pengantar. Oke sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.

Kata kata bijak keren buat status fb

Kata kata bijak keren buat status fb - halo sobat, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi kata kata bijak yang siap dijadikan status fb. Kata kata bijak keren ini merupakan kata-kata yang dapat memotivasi sobat dalam menjalani kehidupan. Selain untuk motivasi diri, kata-kata keren ini juga bisa memotivasi orang lain dengan cara dibuat status di facebook. Berbagi kata motivasi dengan teman/orang lain sangat banyak sekali manfaatnya, selain membantu teman termotivasi dengan status fb sobat juga dapat mempererat hubungan antar sesama. Oke bagi sobat yang sudah tidak sabar, berikut ini kata kata bijak untuk status fb.

kata bijak status fb

"Belajar ilmu yang penting dan buang yang tidak penting, sehingga kamu akan mengetahui yang akan kamu kerjakan, sehingga hidupmu terarah".

"sekecil apapun uangnya akan cukup bila digunakan untuk HIDUP, tapi sebanyak apapun uangnya tak akan pernah cukup untuk memenuhi GAYA HIDUP".

"Jangan terlena oleh sebuah kesenangan karena itu hanya sementara, Tapi bangunlah dan terus bekerja".

"Tangan yang diatas lebih baik daripada tangan yang dibawah, bersedekah kepada orang lain berarti besedekah pada diri sendiri".

"Meraih kesuksesan itu mudah, tapi jangan dimudah-mudahkan".

"janganlah berputus asa dalam kebaikan, yakinlah allah selalu bersamamu dan siap menolong dalam setiap keadaan".

"Lebih baik kehilangan masa muda daripada kehilangan masa depan".

"Pikiranmu merupakan cerminan dari hidupmu".

"Orang yang kuat itu bukan meraka yang tidak pernah menangis, akan tetapi orang yang tetap sabar dan tegar ketika orang lain menyakitinya".

"Hargai setiap orang yang membencimu karena meraka adalah penggemarmu yang rela menghabiskan waktunya hanya untuk sekedar melihat kesalahanmu".

"Jika hari ini kamu gagal, percayalah hari esok kamu akan berhasil dan solusinya adalah coba lagi dan lagi".

"Ketika seseorang berusaha untuk menjauh darimu, percayalah bahwa dia membukakan pintu bagimu untuk seseorang yang lebih baik".

"Percayalah terhadap kemampuanmu untuk bisa meraih apa yang kamu inginkan dalam hidup".

"Hindarilah kata TIDAK BISA karena ia akan membuatmu putus asa, namun jika kamu mengatakan BISA maka akan membuatmu semangat dan terus melangkah walaupun hasilnya belum menentu".

"Aturan sukses itu ada dua, yang pertama cari tahu hal yang ingin kamu lakukan, dan yang kedua lakukanlah hal tersebut".

Lihat juga: Kumpulan kata-kata bijak pagi hari penuh motivasi

Demikianlah artikel mengenai contoh kata kata keren buat status fb, semoga dengan membaca artikel ini dapat memotivasi sobat dalam menjalankan kehidupan, sekian dan terima kasih semoga bermanfaat, jangan lupa di share.