Hikmah Beriman Kepada Qada dan Qadar Allah Swt.

Hikmah Beriman Kepada Qada dan Qadar Allah Swt. - Assalamu'alaikum sobat, setelah sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian Qada dan Qadar, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa hikmah iman kepada Qada dan Qadar Allah Swt.

hikmah iman kepada qada dan qadar


Sebagai seorang muslim tentu kita harus percaya kepada Qada dan Qadar yang merupakan ketentuan atau takdir Allah Swt. dan percaya kepada merupakan rukun iman yang ke enam. Orang yang mempunyai keyakinan terhadap Qada dan Qadar Allah Swt. akan mendapatkan kebaikan-kebaikan dari Allah Swt., beberapa diantaranya adalah dalam bentuk hikmah sebagai berikut.

Hikmah Iman kepada Qada dan Qadar

  1. Memperkuat keyakinan bahwa Allah Swt. pencipta alam semesta dan tuhan yang maha Esa, mahakuasa, mahaadil, dan mahabijaksana.
  2. Menumbuhkan kesadaran bahwa alam semesta dan segala isinya berjalan sesuai dengan ketentuan-ketentuan Allah swt. (sunnatullah atau hukum alam)
  3. Meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt.
  4. Menumbuhkan sikap dan perilaku terpuji, serta menghilangkan sikap serta perilaku tercela.
  5. Mendorong umat manusia (umat islam) untuk berusaha agar kualitas hidupnya meningkat sehingga hari ini lebih baik dari hari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini.
  6. Menyadarkan hati untuk menerima kenyataan dengan rela dan menumbuhkan jiwa tawakkal.
  7. Termotivasi untuk senantiasa berikhtiar atau berusaha lebih giat lagi dalam mengejar cita-citanya.
  8. Meningkatkan keyakinan akan pentingnya peran doa bagi keberhasilan sebuah usaha.
  9. Meningkatkan optimisme dalam menatap masa depan dengan ikhtiar yang sungguh-sungguh.
  10. Meningkatkan kekebalam jiwa dalam menghadapi segala rintangan dalam usaha meraih sesuatu sehingga tidak berputus asa ketika mengalami kegagalan.

Nah demikianlah hikmah beriman kepada Qada dan Qadar Allah swt. semoga hikmah-hikmah yang kita dapatkan dalam kehidupan ini senantiasa membawa kita kepada jalan yang benar dan terus meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah swt. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Hikmah Beriman Kepada Qada dan Qadar Allah Swt."

Posting Komentar

~ Bila ada pertanyaan dan masukan, silahkan tinggalkan komentar sobat ~

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel