Cara menghilangkan rasa takut dalam diri

Cara menghilangkan rasa takut, Halo sahabat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel tentang cara menghilangkan rasa takut. Ya, rasa takut selalu menghampiri setiap orang dimanapun dia berada. Rasa takut datang karena hati kita merasa tidak tenang dengan sesuatu, hal ini terjadi oleh berbagai sebab, entah penyebab ketakutan tersebut adalah masalah pribadi yang tak kunjung selesai, takut dengan hewan, takut ketinggian, takut dengan kegagalan atau penyebab-penyabab lainnya.

Lihat juga: 9 cara ampuh meningkatkan percaya diri dalam hitungan detik

Sebenarnya rasa takut tersebut dapat anda atasi tentu dengan memberanikan diri menghadapinya, serta dengan teknik tertentu. Namun anda tidak usah khawatir karena anda membaca artikel yang tepat di blog ini, berikut ini kita akan membahas cara-cara ampuh yang dapat membuat rasa takut anda hilang.

menghilangkan rasa takut

 

Cara menghilangkan rasa takut


1. Anda perlu kesadaran


Sebelum Anda dapat mulai mengatasi rasa takut, Anda harus menyadari bahwa ketakutan Anda disebabkan oleh malapetaka dalam hidup Anda. Untuk itu anda perlu menyadari bahwa malapetaka tersebut bukanlah suatu masalah yang besar bagi anda, hati anda hanya sedang terganggu dan tepengaruh oleh malapetaka tersebut, anggap dan sadarilah bahwa itu bukan apa-apa untuk anda, sikapi dengan hal biasa jangan terlalu berlebihan. Anda bisa sesuaikan dengan kondisi yang anda alami pada saat itu. Ketakutan adalah fungsi adaptif yang memperpanjang hidup anda. Jika anda berjalan ke tepi tebing, apakah anda merasa takut ? Ini adalah sebuah hal yang normal dan respon bagi tubuh anda untuk mempersiapkan diri dan selalu waspada akan bahaya yang mengancam anda. Sadarilah bahwa rasa takut mempunyai dampak yang positif bagi anda agar selalu waspada.

2. Melakukan suatu hal yang dapat menakutkan anda


Hal ini tentu kedengaran konyol, tetapi tahukah anda bahwa jika anda tinggal di suatu tempat yang aman dan nyaman serta jauh dari masalah, maka ketika rasa takut itu datang secara tiba-tiba maka ketakutan yang anda alami luar biasa, Jadi tidak melakukan hal-hal yang menakutkan pada diri anda akan membuat ketakutan anda semakin besar dan mungkin ketakutan itu akan mengambil alih hidup anda. Untuk itu latihlah diri anda dengan menciptakan ketakutan sendiri, misalnya dengan melakukan suatu kegiatan yang ekstrim, atau hal-hal yang greget tetapi sesuai dengan kemampuan anda. Itu lebih baik bagi anda, dengan melakukan semua itu berarti anda telah melatih diri menghadapi rasa takut, semakin banyak anda berlatih, maka lama kelamaan rasa takut terhadap sesuatu pada diri anda akan mulai berkurang dan bahkan hilang.

3. Hindari pikiran negatif tentang hal yang belum terjadi


Menghindari pikiran negatif tentang hal-hal yang belum anda alami merupakan suatu langkah untuk menghilangkan rasa takut pada diri anda, berusahalah untuk berpikir positif dan buang jauh-jauh hal yang mungkin dapat menjauhkan atau membuat anda gagal dalam mencapai tujuan anda. Misalnya jika anda berencana membangun sebuah usaha dagang dan rencana anda sudah matang, tiba-tiba saja anda berpikir bahwa dalam usaha yang akan akan anda jalankan, anda akan menemui kegagalan. Jika anda berpikir menemui kegagalan itu tandanya ketakutan akan kegagalan sudah menguasai anda, maka motivasi anda anda akan turun dan bisa dipastikan anda tidak akan berhasil mencapai tujuan anda tersebut. Untuk itu saya sangat mengharapkan kepada anda jika mempunyai suatu rencana, tanggapilah hal tersebut secara posistif supaya anda dapat terus termotivasi dalam berusaha mencapai tujuan tersebut.

4. Ketahui penyebab ketakutan anda


Salah satu cara mengatasi rasa takut adalah dengan mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab dari rasa takut tersebut, anda akan dapat mengetahui pula bagaimana ketakutan tersebut dapat menguasai diri anda sehingga anda bisa mencari solusinya. Misalnya dengan curhat atau berbicara dengan orang terdekat anda mengenai rasa takut yang anda alami.

5. Membangun rasa percaya diri


Dalam mengatasi ketakutan anda perlu kepercayaan diri anda untuk melawan rasa takut tersebut. Jika rasa takut itu anda hadapi dengan rasa percaya diri, maka saya yakin ketakutan anda akan sesuatu bisa hilang. Misalnya saja anda takut dengan ketinggian, anda bisa naik ke gedung yang tinggi lalu melihat kebawah dengan rasa percaya diri bahwa anda bisa melawan rasa takut tersebut. Jika anda membiasakan hal tersebut, maka ketakutan diri anda dengan ketinggian akan hilang. Membangun kepercayaan diri sangat penting untuk dilakukan karena selain dapat mengatasi rasa takut, percaya diri juga dapat menjadi motivasi anda dalam mencapai sebuah tujuan atau mengatasi sesuatu. Jadi bangunlah kepercayaan diri dalam diri anda.

6. Bayangkan hasil yang anda inginkan


Sekarang bahwa Anda lebih memahami rasa takut Anda, pikirkan tentang apa yang sebenarnya ingin Anda ubah. Pikirkan tentang diri Anda yang mengalami hidup tanpa rasa takut. Bagaimana perasaan anda? Sebagai contoh: Jika Anda takut dengan komitmen, bayangkan diri Anda bahagia dengan pasangan. Jika Anda takut dengan ketinggian, bayangkan diri anda menaklukkan ketinggian tersebut. Jika anda takut dengan kegagalan, bayang diri anda berhasil dan sukses dalam mencapai tujuan hidup anda. Semua itu lebih baik bagi anda daripada memikirkan hal-hal yang negatif yang justru dapat membuat anda takut terhadap sesuatu.

Baca juga:  16 tips cara hidup bahagia

Demikianlah artikel mengenai cara menghilangkan rasa takut, silahkan anda terapkan, semoga dapat menjadi motivasi bagi kita semua. Terima kasih atas perhatian anda, semoga bermanfaat.

Banggalah terhadap dirimu sendiri, walaupun memang tak ada yang menyukai. Kadang, mereka itu membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.